Selain Sup Ayam, Ini 9 Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan
TEMPO.CO | 25/05/2020 11:27
Ilustrasi sup ayam. Shutterstock
Ilustrasi sup ayam. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Biasanya saat sakit, nafsu makan menurun. Padahal penting untuk tetap makan agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan. Hal tersebut akan membuat tubuh jadi lebih kuat untuk melawan penyakit dan segera pulih. 

Namun setiap penyakit biasanya memiliki jenis makanan dan minuman tersendiri yang dianggap cocok untuk mempercepat penyembuhan. Berikut ini, jenis makanan untuk orang sakit untuk kondisi yang sering terjadi, seperti demam, pilek, sakit tenggorokan, hingga gangguan pencernaan.
 
Jenis-jenis makanan untuk orang sakit
 
1. Sup ayam

Sup ayam adalah makanan yang sangat cocok dikonsumsi saat Anda sedang pilek, demam, atau sakit tenggorokan. Makanan ini juga mudah dicerna dan terasa hangat dan nyaman di perut. Sup ayam dengan berbagai bahan-bahan di dalamnya, mengandung nutrisi yang lengkap. Sebut saja protein dari ayam, serat, vitamin dan mineral dari sayuran, dan elektrolit dari kuahnya yang hangat dan berlimpah. Jika disajikan hangat, uap yang keluar dari sup ayam juga akan membantu melegakan pernapasan dan mengencerkan lendir pernapasan.

2. Madu

Madu memiliki kandungan antibakteri yang bisa membantu menyingkirkan penyebab radang tenggorokan dan batuk. Anda bisa mengonsumsi madu untuk membantu meredakan gangguan tenggorokan secara langsung, maupun mencampurkannya dengan minuman lain seperti teh hangat atau air jeruk panas.

3. Air kelapa

Saat sakit, baik demam, diare, maupun flu, kita harus mengonsumsi banyak cairan. Air kelapa adalah salah satu sumber cairan yang sangat baik dikonsumsi saat sakit. Sebab, air kelapa ini mengandung glukosa dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih banyak, saat kita sedang lemas karena sakit.

4. Jahe

Jahe dinilai ampuh untuk mengurangi mual dan muntah-muntah. Selain itu, jahe juga mengandung komponen yang dapat bertindak sebagai antioksidan, antimikroba, hingga antikanker. Anda bisa menambahkan jahe ke minuman seperti membuat teh jahe atau menyeduh jahe dengan air panas. Jahe juga bisa ditambahkan ke dalam makanan seperti sup ayam, yang juga baik dikonsumsi saat sakit.

5. Teh panas

Di Indonesia, teh panas bisa dicap sebagai obat dari segala obat. Mulai dari orang pingsan hingga tidak enak badan, biasanya minuman yang satu ini menjadi pertolongan pertama. Selain karena alasan budaya atau kebiasaan, teh panas secara ilmiah rupanya memang bermanfaat untuk tubuh.

Minuman ini bisa bertindak sebagai dekongestan yang membantu melegakan hidung yang tersumbat. Teh juga mengandung polifenol yang bisa bertindak sebagai antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi, sehingga bisa meredakan peradangan yang ada di tubuh. Sementara itu, kandungan tanin di dalam teh memiliki sifat antibakteri dan antijamur, yang dapat membantu menyingkirkan infeksi yang terjadi di tubuh.

6. Pisang

Pisang juga cocok menjadi pilihan makanan untuk orang sakit, sebab tekstur dan rasanya yang lembut, membuat pisang mudah dicerna. Buah ini juga mengandung nutrisi dan kalori yang cukup untuk menyumbangkan energi ke tubuh. Pisang juga mengandung serat larut yang sangat baik untuk mengatasi diare.

7. Jeruk

Jeruk dan buah-buah asam lainnya atau yang sering disebut sebagai buah sitrus, sangat cocok untuk dipilih sebagai makanan orang sakit. Sebab, buah ini mengandung antioksidan berupa flavonoid dan vitamin C yang sangat tinggi. Kedua komponen tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh dan meningkatkan sistem imun, sehingga efektif untuk mengatasi demam.

8. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperit bayam merupakan sumber vitamin dan mineral yang cukup lengkap untuk membantu pemulihan orang sakit. Selain itu, makanan ini juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan membantu melawan peradangan.

9. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 dengan sifat antiperadangan yang kuat. Selain itu tekstur dagingnya yang lembuh juga memudahkan makanan ini untuk dicerna. Ikan juga kaya protein yang baik untuk menunjang berbagai fungsi tubuh. Protein dalam ikan juga membuat makanan ini dianggap baik untuk meredakan gatal-gatal. Sebab, protein merupakan komponen yang penting dipenuhi untuk menjaga kesehatan kulit.

10. Bawang putih

Bawang putih dinilai mengandung berbagai komponen yang bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Rempah ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, makanan ini dianggap dapat membantu mempercepat masa pemulihan bagi orang sakit.

 

 

SEHATQ 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT