Sederet Aktivitas yang Bisa Dilakukan Anak Saat Libur Lebaran
TEMPO.CO | 25/05/2020 06:15
Ilustrasi anak menggambar (pixabay.com)
Ilustrasi anak menggambar (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tahun ini mungkin berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena wabah virus corona, seluruh umat Muslim di dunia pun harus menyambut Lebaran di rumah. Itu berarti, tidak ada silaturahmi ke tetangga, teman-teman maupun saudara. Dengan keterbatasan gerak, anak-anak pun akan kehabisan ide untuk beraktivitas pada libur Lebaran.

Agar anak tidak bosan, situs The Spruce dan Times of India pun membagikan beberapa tipsnya.

  1. Membuat kartu ucapan
    Belum terlambat untuk memberikan ucapan bagi saudara dan teman-teman. Ini salah satunya bisa dilakukan lewat pemberian kartu ucapan. Coba libatkan anak Anda dalam membuat kartu ucapan. Misalnya mewarnai atau menempelkan hiasan-hiasan unik lainnya.

  2. Mendekorasi rumah dengan hiasan Lebaran
    Anak-anak juga bisa berkreasi dengan cara menuangkan ide lewat dekorasi Lebaran di rumah. Mereka bisa menghias ruang tamu dan ruang makan agar suasana Idul Fitri semakin nyata meski di rumah saja.

  3. Mengumpulkan barang-barang tak terpakai
    Ajarkanlah anak untuk memberi sejak kecil. Ini bisa dilakukan selama pandemi Covid-19. Kita tentu tahu bahwa banyak orang yang terlantar dan membutuhkan. Anak-anak pun bisa mengumpulkan pakaian atau mainan yang tidak dipakai agar disumbangkan.

  4. Mendongeng dan membaca buku bertemakan Lebaran
    Mendongeng dan membaca buku bertemakan Lebaran juga bisa menjadi pilihan. Beberapa judul seperti My First Ramadan karya Karen Katz atau Celebrating Ramadan milik Diane Hoyt-Goldsmith dapat Anda pilih. Buku-buku tersebut mengajarkan tentang prinsip-prinsip kepercayaan Muslim kepada anak-anak. Jadi sekaligus belajar bahasa Inggris, mereka juga bisa memperkuat keimanan di Hari Raya.

    SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | THESPRUCE | TIMESOFINDIA

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT