Ini yang Harus Dihindari saat Menyantap Hidangan Lebaran
TEMPO.CO | 23/05/2020 18:30
ilustrasi makanan bersantan (pixabay.com)
ilustrasi makanan bersantan (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 24 Kei 2020 menandakan berakhirnya masa berpuasa selama 30 hari. Anda bisa menyantap makanan apa saja sepanjang hari. Namun, ingatlah jangan sampai kalap menyantap berbagai hidangan Lebaran agar kesehatan Anda terjaga.

"Pada hari Idul Fitri, Anda dapat menikmati satu kali makan besar, mungkin seperti makan siang keluarga, tetapi makan secukupnya. Usahakan untuk tidak berlebihan," kata pakar diet dari Prime Hospital, Dubai, Lama Sinjer seperti dilansir Khaleej Times.

Dia menyarankan Anda menghindari konsumsi makanan terlalu banyak variasi, namun cukup makan satu atau dua hidangan utama dan hindari minuman ringan, jus atau lebih baik air putih saja.

Hindari juga makanan manis dan berlemak tinggi agar tak mengganggu kondisi perut, lalu sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan olahan namun pilihlah varietas makanan sehat segar untuk meningkatkan kemungkinan komorbiditas kesehatan

Sementara waktu hindari asupan kafein untuk mencegah dehidrasi dan Anda bisa beralih ke minuman herbal atau kopi tanpa kafein.

Ingatlah, jangan membebani perut dengan makanan dalam jumlah besar; sebagai gantinya, makan dalam jumlah kecil namun lebih sering.

Hindari konsumsi berlebih asam jenuh dan trans-lemak seperti makanan yang digoreng dan gantikan dengan lemak sehat seperti kacang mentah dan alpukat.

Selain itu, jangan makan larut malam karena akan membebani perut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT