Sulit Kumpulkan Niat Untuk Jalani Hidup Sehat? Terapkan Tips Ini
TEMPO.CO | 23/05/2020 10:50
Ilustrasi seorang wanita olahraga di rumah. Unsplash.com/Jonathan Borba
Ilustrasi seorang wanita olahraga di rumah. Unsplash.com/Jonathan Borba

TEMPO.CO, Jakarta - Menjalani pola hidup sehat tentu memiliki segudang manfaat. Ini termasuk menjaga kesehatan organ tubuh secara keseluruhan hingga memperpanjang usia harapan hidup.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang minim rasa minat untuk menjalani hidup sehat. Terlebih dengan godaan yang berat dari segi asupan nutrisi dan aktivitas fisik. Sebut saja gorengan di pinggir jalan hingga jadwal pekerjaan yang padat.

Namun, tidak ada kata terlambat untuk menerapkan pola hidup sehat. Membantu Anda dalam merealisasikannya, Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood Aldis Rusli pun membagikan tipsnya dari asupan gizi.

Menurutnya, setiap orang bisa mulai dengan mengubah pola makan lewat modifikasi lingkungan. Contohnya menggunakan piring kecil saat gemar mengkonsumsi makanan dengan porsi besar dan sebaliknya memakai gelas besar untuk minum air lebih banyak. “Modifikasi lingkungan ini secara tidak langsung mengubah kebiasaan yang awalnya makan banyak jadi sedikit. Banyak minum air putih juga baik untuk kesehatan secara menyeluruh,” katanya dalam Nutritalk di live Instagram bersama @nutrifood pada Rabu, 20 Mei 2020.

Memilih jenis asupan nutrisi yang sesuai juga tidak perlu dilakukan secara drastis. Misalnya dari makanan berlemak langsung ke sayur dan buah-buahan. “Pelan tapi pasti. Jangan langsung supaya tidak terlalu terbebani untuk makan sehat itu,” katanya.

Sedangkan dari segi aktivitas fisik, menjalankan hidup sehat itu harus dilakukan lewat kepemilikan tujuan dari olahraga yang dikerjakan. Misalnya, Founder & Chief Operating Officer aplikasi penyedia olahraga dan makanan sehat DOOgether, Helmy Rianda memberi contoh ingin menurunkan berat badan. “Kalau kita ada goals yang ingin dituju, pasti keinginan untuk melakukan olahraga itu lebih besar. Karena ada yang mendorong untuk melakukan kan. Jadi sebaiknya pikirkan apa yang ingin dicapai, bukan sekedar sehat tapi sesuatu yang spesifik,” katanya.

Mencari support system atau orang-orang yang bisa mendukung dalam merealisasikan hidup sehat lewat olahraga dan nutrisi juga disarankan Helmy. “Kadang olahraga atau makan sehat sendiri itu kan malas. Coba sama teman, pasti lebih semangat. Jadi mulai cari teman-teman yang satu frekuensi supaya giat,” katanya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | INSTAGRAM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT