Tips Aman Mencairkan Daging Beku sebelum Dimasak
TEMPO.CO | 23/05/2020 05:10
Ilustrasi daging sapi beku. squarespace.com
Ilustrasi daging sapi beku. squarespace.com

TEMPO.CO, Jakarta - Daging sering kali dibekukan agar bisa tahan lebih lama. Sebelum dimasak, daging tersebut harus dicairkan terlebih dahulu. Kebanyakan orang mencairkannya dengan cara yang mudah, yaitu mengeluarkannya dari freezer lalu meletakkannyn di suhu ruang atau di bawah air mengalir sampai mencair. 

Rupanya itu bukan cara terbaik mencairkan daging. Food and Drugs Administration atau FDA Amerika Serikat menyarankan agar daging beku tidak dicairkan pada suhu kamar karena menyebabkan suhu yang tidak merata di dalam daging, yang membuatnya lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri.

Tamika Sims, Direktur Komunikasi Teknologi Pangan di International Food Information Council Foundation, AS, mengatakan cara itu menimbulkan risiko. Dia mengatakan, cara terbaik adalah menaruhnya di piring dan menyimpannya di kulkas hingga mencair. Hanya saja, butuh waktu sekitar seharian untuk mencairkannya.

"Tentu saja, itu membutuhkan waktu lebih lama, tetapi lebih aman,” kata Sims seperti dikutip Insider.

Tapi jika Anda terburu-buru, cara yang bisa dicoba adalah memasukkan daging dari freezer dalam kemasan kedap udara lalu rendam dalam air dingin. "Itu sedikit lebih cepat daripada lemari es,” ujar dia.

FDA juga merekomendasikan menggunakan fitur defrost pada microwave. Sims merekomendasikan metode itu untuk daging giling dan unggas, meskipun menurut dia itu sepertinya bukan cara yang tepat untuk steak.

Untuk steak, dia mengatakan lebih  baik menggunakan metode air dingin jika dia tidak punya waktu untuk lemari es.

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan, menurut Sims, adalah mencairkannya dengan cara mencuci daging.

“Mencuci daging dapat menyebar bakteri melalui percikan air di sekitar wastafel dan meja Anda,” kata dia.

Plus, katanya, mencuci daging sama sekali tidak perlu dilakukan sebelum memasaknya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT