Tidur Nyenyak Selama Pandemi, Respon Stres Tubuh
TEMPO.CO | 21/05/2020 03:11
Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz
Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

TEMPO.CO, Jakarta - Ada banyak hal untuk membuat orang tetap terjaga saat pandemi ini, misalnya mencari informasi terbaru tentang virus corona, situasi ekonomi dan sebagainya. Namun, beberapa dari kita mendapati bahwa waspada dan khawatir sepanjang waktu membuat kita, lebih mengantuk lalu tidur. Hal ini sebenarnya tidak biasa, - dan itu tidak berarti Anda tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitar.

Kebiasaan tidur delapan jam ini ada hubungannya dengan kurangnya aktivitas atau latihan yang Anda lakukan setiap hari - tetapi itu bisa terkait dengan bagaimana Anda bereaksi terhadap stres. Saat Anda dalam kondisi siaga tinggi, tubuh Anda akan beralih ke mode fight-or-flight, yang merupakan kondisi tinggi yang mempersiapkan Anda untuk menghadapi bahaya.

"Peningkatan detak jantung, tekanan darah, ketegangan otot, pelepasan hormon stres, kualitas tidur yang buruk, pernapasan yang kurang oksigen - semua gejala stres ini membuat tubuh turun," Josh Klapow Ph.D., seorang psikolog klinis, mengatakan kepada Bustle. "Peningkatan beban fisiologis pada tubuh ini menghasilkan lebih banyak kelelahan, dan bagi sebagian orang, keinginan dan kebutuhan untuk tidur lebih banyak."

Respon stres tubuh sangat kuat, bahkan jika berumur pendek. "Stres jangka pendek menyebabkan gejala panik seperti detak jantung yang cepat, sesak napas, dan perasaan kehilangan kendali," Dr. David Merrill M.D., seorang psikiater di Providence Saint John's Medical Center. Namun, setelah Anda menjalani respons yang didorong oleh adrenalin dan terjaga ini, tubuh Anda akan mulai hancur. Merasa cemas melelahkan, dan tidur adalah upaya tubuh untuk mengembalikan keseimbangan. Jika Anda tidur nyenyak setelah kelelahan akibat stres, Anda bahkan mungkin terbangun dengan perasaan lebih segar dari biasanya.

Ada beberapa jenis stres juga. Ketika krisis telah berlangsung selama berbulan-bulan, respons stres akut awal kami - ketakutan, panik, sulit tidur - mungkin telah berubah menjadi yang kronis, kata Dr. Merril. Stres kronis adalah hal yang sangat berbeda; itu berarti Anda berada di bawah tekanan untuk waktu yang lama, bukan hanya mengalami satu goncangan atau masalah. Ini dapat menyebabkan semua jenis masalah kesehatan, tetapi ini terutama terkait dengan kelelahan.

"Stres kronis menyebabkan tingginya tingkat hormon stres kortisol," kata Dr Merrill. "Gejala-gejalanya meliputi kelelahan, lekas marah, gangguan tidur, dan kekhawatiran umum. Karena kita semua lelah oleh stres, tubuh mengirimkan sinyal untuk beristirahat." Tekanan terjebak di dalam rumah Anda, mengkhawatirkan berita, berusaha bekerja atau menjadi orang tua atau hanya merawat kucing Anda, dapat menumpuk seiring waktu dan akhirnya membuat Anda sangat, sangat kelelahan. Tidur, Dr. Merrill menjelaskan, adalah cara tubuh untuk menurunkan kadar kortisol dan mengatur ulang sistem saraf.

Stres, apakah itu akut atau kronis, membuat tubuh Anda bekerja lebih keras dan kurang efisien untuk melakukan kegiatan yang sama, kata Klapow. Jika Anda tidur sepanjang waktu, itu adalah sinyal bahwa tubuh Anda berusaha untuk pulih. Siapa pun yang merasa sangat mengantuk sekarang harus melakukan yang terbaik untuk melepaskan diri dari hal-hal yang mungkin membuat mereka khawatir, dan melakukan beberapa kegiatan yang tidak membuat stres, kata Dr. Merrill. "Hindari berita tentang corona setiap hari habiskan waktu bersama orang yang dicintai, dan istirahat sejenak di saat ini. Kita semua terlibat dalam hal ini bersama-sama," katanya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT