3 Alasan Anda Berpikir Pasangan Mungkin Selingkuh
TEMPO.CO | 13/05/2020 22:01
Ilustrasi selingkuh. shutterstock.com
Ilustrasi selingkuh. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pernahkah berpikir pasangan Anda selingkuh - bahkan ketika mereka tidak melakukannya? Anda tidak sendirian. Ini bisa menjadi situasi yang sangat menegangkan untuk diri Anda sendiri. Mungkin ini tampak seperti masalah kepercayaan terhadap pasangan. Namun para ahli dan penelitian mengatakan hal tersebut bisa menunjuk pada sesuatu yang lebih dalam dari itu.

Biasanya, orang menjadi paranoid tentang pasangannya yang selingkuh dengan tiga alasan, menurut Susan Golicic, Ph.D., relationship coach dan salah satu pendiri Uninhibited Wellness. Masalah kepercayaan adalah salah satunya, tapi itu juga bisa berarti Anda berjuang dengan kepercayaan diri, atau memproyeksikan.

Sebuah studi kecil baru-baru ini, yang diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships dari 96 pasangan heteroseksual, menemukan bahwa kita memproyeksikan ketertarikan terhadap orang lain pada pasangan. Ketika peserta dalam penelitian tertarik pada seseorang di luar hubungan mereka, mereka lebih cenderung mengatakan pasangan mereka juga tertarik pada orang lain, bahkan jika mereka sebenarnya tidak.

"Proyeksi adalah keterampilan mengatasi stres tingkat rendah," kata Dr. Paul DePompo, PsyD, ABPP, seorang psikolog klinis dan penulis The Other Woman's Affair, kepada Bustle. "Orang-orang yang melakukan hal-hal itu sendiri seperti menipu, berpikir tentang selingkuh, atau telah menipu di masa lalu, memproyeksikan pikiran-pikiran hasrat ini kepada pasangan mereka. Pikiran mereka akhirnya menciptakan kenyataan bahwa pasangan mereka juga selingkuh."

Berikut ini tiga alasan Anda berpikir pasangan mungkin selingkuh

1. Pernah dikhianati di masa lalu

Jika Anda berselingkuh di masa lalu, saat ini selingkuh, atau bahkan memikirkannya, kemungkinan Anda akan percaya bahwa pasangan Anda juga selingkuh. Ini mungkin cara bawah sadar untuk "membenarkan" perilaku Anda sendiri, kata Golicic. Tetapi ketika itu adalah top of mind, seringkali hanya itu yang dapat Anda lihat.

"Ketika [pikiran] ini mengendalikan paranoia, tidak harus ada bukti nyata bahwa perselingkuhan terjadi," kata Golicic. "[Kamu] masih akan membuatnya dan menempel pada tanda yang paling sederhana." Jika pasangan Anda menerima teks pada malam hari, misalnya, Anda mungkin menganggap itu pertanda perselingkuhan karena Anda juga menerima teks pada larut malam.

2. Anda Berjuang dengan Masalah Kepercayaan

Berbicara tentang masalah kepercayaan, jika Anda memilikinya, maka masuk akal jika Anda menganggap pasangan Anda berbohong, selingkuh di belakang. Anda pada dasarnya tidak mempercayai orang lain, kata Golicic, mungkin berdasarkan pengalaman masa lalu, seperti ditipu oleh seorang mantan, atau bahkan dikhianati oleh orang tua dan teman.

Dalam banyak hal, apa pun yang dimodelkan kepada Anda sebagai seorang anak sering kali akan berhubungan dengan orang lain sebagai orang dewasa, Meredith Prescott, LCSW, seorang psikoterapis di New York. Jika orang tua Anda saling selingkuh, katanya, Anda mungkin lebih mungkin mengharapkan hal yang sama dalam hubungan Anda sendiri. Dan hal yang sama berlaku jika pasangan masa lalu mengecewakan Anda, karena pengalaman itu bisa sangat sulit diatasi.

"Menemukan terapis pasangan akan menjadi cara yang bagus untuk mengatasi masalah selingkuh dan pengkhianatan," kata Prescott. Anda bisa pergi bersama, atau mencari terapis sendiri untuk menjalani masa lalu Anda, sehingga tidak lagi berdampak negatif pada hubungan Anda saat ini.

3. Anda Tidak Merasa Layak Terhadap Cinta

Jika Anda tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk merasa layak untuk dicintai, kata Golicic, ada kemungkinan lebih besar Anda akan mencari alasan untuk mengatakan pada diri sendiri bahwa hubungan Anda tidak berhasil. Ini bisa terjadi karena harga diri rendah, serta dua masalah yang tercantum di atas. Tapi apa pun akar masalahnya, selalu mungkin untuk membingkai ulang cara Anda memandang diri sendiri dan dunia.

"Memberitahu pasangan Anda tentang pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk diri Anda sendiri akan membuat mereka tahu ini adalah luka masa lalu yang ingin Anda sembuh untuk memiliki hubungan yang lebih baik," kata Golicic. "Ini juga membantu untuk menjadi rentan dan berbagi rasa tidak aman yang Anda miliki dalam suatu hubungan. Pasangan Anda mungkin dapat membantu Anda mengatasi hal itu dan merasa lebih aman."

Terkadang, jika Anda merasa pasangan Anda selingkuh, itu sebenarnya berasal dari kebenaran yang sah. Tetapi sering kali "semua ada di kepala Anda." Yang penting adalah mengenali perasaan Anda, membicarakannya dengan pasangan Anda, dan yang terpenting, percayai diri Anda untuk menemukan kebenaran di balik situasi tersebut.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT