Tur Virtual ke Masjid Agung Sheikh Zayed: 82 Kubah 1.000 Pilar
TEMPO.CO | 12/05/2020 21:50
Kemilau Masjid Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 25 Desember 2018. Masjid Agung Sheikh Zayed dinamai sesuai dengan tokoh besar dibalik ide pembangunannya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus p
Kemilau Masjid Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 25 Desember 2018. Masjid Agung Sheikh Zayed dinamai sesuai dengan tokoh besar dibalik ide pembangunannya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus pendiri Negara Uni Emirat Arab. REUTERS/Hamad I Mohammed

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Abu Dhabi membuka layanan tur virtual selama wabah corona. Wisata daring bernama StayCurious ini menghadirkan sejumlah destinasi wisata di Abu Dhabi yang kerap dikunjungi wisatawan.

Salah satu objek wisata yang juga tempat ibadah yang termasyhur di Abu Dhabi adalah Masjid Agung Sheikh Zayed. Masjid ini terkenal karena memiliki 82 kubah marmer dan berdiri kokoh dengan 1.000 pilar. Di pelataran masjid terdapat empat menara setinggi 107 meter.

Mengutip Lonely Planet, Masjid Agung Sheikh Zayed kerap dikunjungi turis mancanegara karena memiliki kemegahan dan taman. Seperti namanya, masjid dengan desain arsitektur Islam modern tersebut dibangun atas gagasan Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, presiden pertama Uni Emirat Arab.

Kemilau Masjid Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 29 Desember 2018. Masjid Sheikh Zayed di inspirasi oleh pengaruh arsitektural Mughal (India, Pakistan, Bangladesh) dan Mooris (Maroko). Dibangun dengan 82 kubah bergaya Maroko dan semuanya dihias dengan batu pualam putih. REUTERS/Suhaib Salem

Di area masjid itu terdapat tempat peristirahatan terakhir Sheikh Zayed yang meninggal pada 2004. Tur virtual StayCurious memungkinkan wisatawan daring untuk menelusuri Masjid Agung Sheikh Zayed dengan tampilan 360 derajat. Terlihat lebih dari 90 ribu ton marmer putih digunakan untuk membangun masjid itu.

Masjid Agung Sheikh Zayed juga dihiasi lazuardi, akik merah, batu kecubung, abalon, jasper, dan mutiara. Bangunan masjid itu memiliki kesan kontemporer dan inovatif. Salah satu fasilitas yang mengesankan adalah karpet besar berbahan kapas dan wol.

Desain motif arabesque yang rumit dikerjakan 1.200 perajin selama dua tahun. Sebagian untuk rajutan benang wol luasnya hampir 5.700 meter persegi di atas dasar kapas. Karpet itu dianggap yang paling luas di dunia.

Suasana saat wisatawan mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed, di Abu Dhabi, UEA. Pengunjung selain agama Muslim diperbolehkan mengunjungi masjid ini dengan mengikuti sejumlah peraturan yang ada. Wikimedia.org/Sean Mendis

Selain menikmati tur virtual ke Masjid Agung Sheikh Zayed, wisatawan daring juga bisa mampir ke pameran seni daring hingga konser di Abu Dhabi, Menurut DCT, situs web menarik 300 pengunjung pada pekan pertama dan wisatawan menjelajah hampir 15 situs.

"Kami ingin memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus mengenalkan seperti apa itu Abu Dhabi," kata Direktur Pemasaran Destinasi DCT Saeed Rashed Al Saeed, seperti dilaporkan CNN. Saeed berharap wisatawan yang telah menikmati tur virtual ini bisa berkunjung langsung ke Abu Dhabi di masa mendatang.

CNN | LONELY PLANET


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT