Bayi di Bawah 6 Bulan Belum Butuh Air Putih, Ini Alasannya
TEMPO.CO | 09/05/2020 03:15
Ilustrasi bayi makan MPASI (pixabay.com)
Ilustrasi bayi makan MPASI (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Bayi biasanya belum membutuhkan air putih untuk beberapa bulan pertama. Mereka hanya membutuhkan air susu ibu (ASI) atau susu formula. Jadi kapan bayi dapat minum air putih? 

Bayi seharusnya hanya mulai minum air setelah mereka mulai makan makanan padat. Sebelum itu, bayi mendapatkan hidrasi yang mereka butuhkan dari susu formula dan / atau ASI

Dikutip dari What To Expect, sebagian besar ahli menyarankan agar Anda menunggu hingga bayi mulai mengonsumsi makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI), ketika si kecil berusia sekitar 6 bulan. Anda dapat memulai makanan padat antara 4 dan 6 bulan, tetapi para ahli merekomendasikan menunggu sampai bayi Anda mendekati 6 bulan dalam kebanyakan kasus.

Setelah bayi Anda mulai minum air putih, tawarkan sedikit demi sedikit dari cangkir susu jika ia mau meminumnya. Bayi biasanya tidak bisa mendapatkan terlalu banyak air dari cangkir (hanya sebotol) - plus itu praktik yang baik ketika semua minuman bayi akan datang dari cangkir. Jika si kecil Anda hanya akan minum air dari botol untuk saat ini, tidak apa-apa selama Anda memantau (dan membatasi) berapa banyak yang ia dapatkan.

Sejak sekitar 6 bulan kemudian, bayi membutuhkan 4 hingga 6 ons air sehari, atau hanya lebih dari setengah cangkir air. Tetapi tanyakan kepada dokter anak Anda berapa yang dibutuhkan si kecil sebelum bayi Anda mulai minum air putih.

Mengapa bayi yang sangat muda tidak bisa minum air? Bayi mendapatkan semua air yang mereka butuhkan dari ASI atau susu formula, yang akan membuatnya terhidrasi dengan baik. Ada juga risiko yang terkait dengan memberikan air bayi sebelum dia cukup umur, termasuk: kekurangan nutrisi, penurunan berat badan, ketidakseimbangan kimia.

Kapan harus memanggil dokter?Jika bayi Anda menderita diare dan / atau muntah, hubungi dokter anak Anda untuk mendapatkan tip untuk memastikan bayi Anda tetap terhidrasi. Hubungi juga dokter anak jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda dehidrasi.

Satu tip terakhir: katakan tidak pada jus buah sampai bayi Anda setidaknya berusia 1 tahun, jika ada. Jus tidak hanya mengisi perut kecil bayi Anda, menyisakan lebih sedikit ruang untuk susu dan makanan, tetapi gula dalam jus dapat menyebabkan kram perut dan diare pada bayi kecil.

Meskipun teman dan kerabat mungkin mengatakan bahwa perlu menawarkan air bayi pada bulan-bulan pertama kehidupan, yang terbaik adalah menunda sampai bayi Anda mulai mengonsumsi makanan padat untuk menghindari kemungkinan masalah kesehatan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT