Jerome Polin Pilih Tema Edukasi untuk Konten Youtube, Apa Uniknya
TEMPO.CO | 07/05/2020 11:42
Jerome Polin, mahasiswa Indonesia di Jepang yg sukses jadi youtuber. Instagram
Jerome Polin, mahasiswa Indonesia di Jepang yg sukses jadi youtuber. Instagram

TEMPO.CO, JakartaYoutube merupakan salah satu platform yang paling banyak dikunjungi oleh para pengguna internet. Umumnya, Youtube berisi hiburan dan tips menarik dari para content creator.

Yang menarik perhatian, ada pula di antara pemilik kanal Youtube yang fokus pada tayangan berbau edukasi. Salah satu sosok yang tengah populer saat ini, yakni akun Nihongo Mantappu milik Jerome Polin.

Pria asal Surabaya yang kini tengah menempuh pendidikan di Jepang itu sudah membangun kanal Youtube bertemakan pendidikan sejak dua tahun lalu. Umumnya, ia menunjukkan video seputar cara mengerjakan pelajaran matematika.

Lalu, apa alasan Jerome memilih tema pendidikan? Pertama, pria dengan 3,35 juta subscribers itu memiliki keinginan untuk membantu masyarakat belajar matematika dengan mudah. Sebab tak jarang orang menganggap itu sulit.

“Awalnya dari SMA banyak teman-teman yang tanya cara mengerjakan soal. Jadi untuk membantu mereka dan orang yang lebih luas, saya buat kanal Youtube khusus pendidikan,” katanya dalam acara Konferensi Pendidikan Akademi Edukreator pada 6 Mei 2020.

Jerome juga ingin ada manfaat yang bisa dipetik dari orang-orang yang menonton karyanya. Alasannya, Youtube menggaji para kreator dari iklan yang muncul di sepanjang video. “Kita sudah menghabiskan banyak waktu orang untuk menonton. Saya ingin karya saya yang ditonton itu memiliki value supaya ada timbal balik yang sepadan, saya dapat uang dan mereka dapat wawasan baru,” ujar pria berusia 22 tahun itu.

Untuk alasan tersebut, Jerome pun selalu memikirkan apa dampak positif yang bisa dibagikan ke masyarakat sebelum membuat konten. “Jadi mikir dulu manfaatnya apa dan baru dipikirkan konsepnya. Kalaupun sekedar vlog, yang penting secara tidak langsung tetap ada makna tersiratnya,” tuturnya.

Jerome Polin juga berharap bisa menjadi seorang Menteri Pendidikan. Dalam kolom komentar, ia melihat banyak orang yang awalnya tidak suka sama suatu hal jadi suka. "Saya tahu kuncinya harus dibawakan dengan fun. Itu yang ingin juga saya terapkan pada guru-guru agar belajar menjadi menyenangkan,” katanya.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT