Tips Membeli Sepatu yang Nyaman Dipakai, Ukuran Bukan Patokan
TEMPO.CO | 04/05/2020 19:40
Ilustrasi wanita mencoba sepatu baru. shutterstock.com
Ilustrasi wanita mencoba sepatu baru. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Sewaktu kecil mungkin Anda harus ke toko setiap kali membeli sepatu karena ukuran kaki Anda selalu berubah. Tapi ketika dewasa, banyak yang merasa tak perlu mencoba sepatu yang akan dibeli karena ukuran kaki orang dewasa sudah tidak berubah. 

Tapi tahukah Anda bahwa meski nomor sepatu sama, belum tentu semua sepatu pas di kaki Anda. Sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan rasa sakit, lecet, dan gesekan dapat menyebabkan kulit mengeras alias kapalan.

Tony Gavin, ahli penyakit kaki dan CEO dari organisasi keanggotaan podiatri osgo Healthcare, memiliki beberapa tips sebelum Anda membeli sepatu. Hal pertama, kata dia, pastikan jenis sepatu sesuai dengan pekerjaan Anda. Tak mungkin kan Anda memakai sepatu berhak tiga sentimeter untuk bekerja di pegunungan.

Selain itu, harus ada rongga yang cukup untuk ibu jari kaki sebelum ujung sepatu. Juga tersedia ruang jari kaki yang lebar dan dalam.

“Berjalanlah sedikit, luangkan waktu Anda, toko sepatu tidak akan keberatan Anda sedikit berjalan di sekitar toko selama beberapa menit. Pikirkan berapa lama Anda berniat memiliki sepatu ini dan seberapa jauh Anda akan berjalan dengannya,” kata dia kepada Metro.co.uk. 

"Jika sepatu itu membuat Anda kesakitan saat di toko maka sepatu itu juga akan bikin kaki Anda sakit saat di rumah,” ia menambahkan.

Susannah Davda yang memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam industri alas kaki, juga membagikan tipsnya untuk memastikan Anda mendapatkan sepatu yang pas. Salah satunya dengan menggunakan kaus kaki yang biasa Anda pakai saat mencobanya.

Dia juga menyarankan agar saat mencoba sepatu, pastikan tumit Anda tidak keluar saat berjalan. Setiap gerakan naik dan turun di tumit kemungkinan akan menyebabkan lecet.

Susannah juga menyarankan bersikap realistis ketika Anda berbelanja sepatu baru. "Hanya karena kaki Anda muat di sepatu itu, belum berarti itu pas. Berdirilah dengan memakai sepatu. Jika Anda bisa merasakan sepatu di ujung jari kaki Anda, di atas kuku kaki Anda, atau meremas jari kelingking Anda; artinya sepatu itu terlalu kecil,” kata dia.

Jangan berharap sepatu itu akan melebar atau memanjang suatu waktu setelah sering digunakan. Kalaupun Anda mencoba meregangkannya atau menggunakan semprotan agar ukurannya sedikit memanjang atau melebar, itu juga tidak akan berhasil.

“Jika itu terjadi, kulitnya akan melemah dan tidak akan bertahan lama,” kata dia.

Tidak semua sepatu sesuai dengan bentuk kaki Anda. Setiap kaki juga berbeda. Jadi, seberapa besar Anda menyukainya tapi kalau tidak pas, jangan dipilih.

“Alasan nomor satu mengapa wanita tidak memakai sepatu yang ada di lemari adalah karena mereka tidak nyaman. Mungkin karena sepatu itu tidak pas."


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT