Bosan, Ini Tips Liburan Unik di Rumah dengan Keluarga
TEMPO.CO | 01/05/2020 14:50
Ekspresi lucu saat Pangeran George berusaha meniup gelembung sabun pada pesta anak untuk keluarga militer di Victoria, Kanada, 29 September 2016. Getty Images
Ekspresi lucu saat Pangeran George berusaha meniup gelembung sabun pada pesta anak untuk keluarga militer di Victoria, Kanada, 29 September 2016. Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Apakah anak-anak Anda mulai bosan harus beraktivitas di rumah selama pandemi corona? Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat berbagai aktivitas liburan menyenangkan bersama keluarga.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan di rumah dengan keluarga. Mulai dari kegiatan yang mengasah kreativitas hingga kegiatan yang juga menyehatkan.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  1. Membuat calming jar
    Calming jar adalah stoples yang berisikan glitter dan manik-manik yang bergerak lambat. Selain proses pembuatannnya yang menyenangkan, Anda juga bisa membantu anak menjadi lebih tenang.

    Cara membuatnya adalah siapkan stoples bening kecil atau botol minum kecil, kemudian masukan air hingga memenuhi sepertiga botol. Masukkan lem glitter secukupnya dan aduk bersama air. Lalu, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan sesuai keinginan anak dan aduk.

    Kemudian, masukkan manik-manik dan glitter yang Si Kecil senangi. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan sisakan sedikit ruang dalam botol agar campuran di dalamnya dapat bergerak.

    Calming jar dipercaya dapat membuat anak Anda menjadi lebih fokus pada pergerakan manik dan glitter di dalamnya sehingga membuat buah hati merasa lebih tenang dan nyaman.

  2. Membuat gelembung sabun
    Aktivitas liburan di rumah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat gelembung sabun. Anak-anak dapat belajar keterampilan bernapas dalam dengan menggunakan gelembung sabun.

    Napas dalam adalah cara terbaik untuk mengatasi kecemasan. Mengambil napas dalam saat meniupkan gelembung sabun dapat membantu anak untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatik, yakni sistem tubuh yang bertugas saat seseorang dalam keadaan istirahat atau tenang.

    Oleh karena itu, aktivitas ini diharapkan mampu membuat anak lebih bahagia dan sejenak melupakan keinginannya untuk bermain di luar atau bersama teman-temannya dalam kondisi pandemik ini.
    Cara membuat gelembung sabun dapat dilakukan dengan mempersiapkan wadah besar, setengah cangkir sabun cuci piring, dua sendok teh gula, satu setengah mangkuk air, dan tongkat gelembung.

    Tuangkan setengah cangkir sabun cuci piring ke dalam wadah, kemudian masukan dua sendok teh gula dan satu setengah gelas air, kemudian aduk campuran tersebut dengan perlahan. Gelembung tiup pun siap digunakan.

  3. Bermain puzzle
    Aktivitas lain yang tidak kalah seru adalah bermain puzzle bersama keluarga sebagai aktivitas liburan di rumah. Selain seru dan menantang, puzzle juga dapat membantu mengasah kemampuan kognitif anak dan melatih anak untuk belajar memecahkan masalah.Anda bisa membeli puzzle atau membuatnya sendiri dengan gambar pilihan Si Kecil. Anda dapat memotong gambar tersebut ke dalam berapa bagian, kemudian acak untuk disusun kembali oleh anak. Selain bagus untuk anak, bermain puzzle juga cara terbaik untuk memperkuat otak Anda.

    Penelitian menunjukkan bahwa melakukan kegiatan bermain puzzle bisa menjadi faktor pelindung dari penuaan kognitif visuospasial dan beberapa kemampuan kognitif lainnya.

    Saat bermain puzzle, Anda harus melihat beragam potongan puzzle dan Anda harus mencari tahu di mana potongan yang cocok dengan gambar tersebut. Hal ini bisa menjadi cara yang bagus untuk melatih dan menantang otak Anda

    Permainan apa yang Anda sukai?

    SEHATQ

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT