Aturan Naik Pesawat Lion Air, Wings Air, Batik Air Mulai 3 Mei
TEMPO.CO | 01/05/2020 12:45
Pesawat Batik Air dan Lion Air. TEMPO/Imam Sukamto
Pesawat Batik Air dan Lion Air. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - Lion Air Group akan kembali melayani penumpang pada Minggu, 3 Mei 2020. Seluruh maskapai naungan Lion Air Group, yaitu Lion Air, Wings Air, dan Batik Air akan menerapkan aturan baru perjalanan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Sesuai rekomendasi aturan dari regulator, kami menjalankan physical distancing atau pengaturan jarak antar-penumpang di dalam kabin pesawat," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Kamis, 30 April 2020.

Pesawat tipe Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO dan Airbus 320-200NEO kelas ekonomi dengan tempat duduk berkonfigurasi 3-3, menurut Danang, kursi di bagian tengah tidak dipergunakan dan diberi tanda X. "Penumpang akan duduk di dekat jendela dan lorong," ujarnya.

Sementara pesawat tipe ATR 72 dan kelas bisnis dengan tata letak kursi 2-2, menerapkan metode saling silang atau zig-zag. "Lion Air Group mengatur sistem fasilitas ketika setiap penumpang melakukan pelaporan (check-in) yang tersedia di bandar udara keberangkatan," kata Danang.

Pengaturan tempat duduk ini, Danang melanjutkan, untuk memastikan terdapat jarak aman antar-penumpang saat duduk di dalam pesawat. Awak kabin dan petugas layanan darat juga membantu teknis pengaturan jarak, terutama ketika di kabin pesawat masih ada penumpang yang memaksa duduk berdekatan.

Pesawat Lion Air dan Batik Air. Dok. TEMPO/Fahmi Ali

Physical distancing juga berlaku ketika penumpang berada di ruang tunggu, proses mengantre sebelum masuk ke dalam kabin pesawat melalui tangga belalai atau garbarata dan tangga biasa. Juga penumpang yang berada di dalam bus saat menuju dan turun dari pesawat.

Lion Air Group mewajibkan seluruh awak pesawat, petugas layanan darat, dan setiap tamu mengikuti protokol kesehatan. Pengecekan kesehatan meliputi pemeriksaan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan. "Untuk operasional penerbangan, kebersihan pesawat terus dilakukan dan ditingkatkan," kata Danang.

Proses pembersihan dilakukan pada aircraft interior exterior cleaning (AIEC) atau bagian dalam dan luar pesawat. Badan pesawat (fuselage), ruang kemudi, dapur, bagasi kabin, dinding kabin, kursi awak pesawat dan penumpang. Penggantian penutup sandaran kepala di kursi, area kargo (bagian bawah pesawat), pintu dan jendela pesawat, karpet lantai kabin, tangga menuju pesawat dan lainnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT