3 Manfaat Mind Mapping dalam Pengasuhan Anak
TEMPO.CO | 29/04/2020 21:45
Ilustrasi keluarga bahagia
Ilustrasi keluarga bahagia

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagai orang tua, Anda tentu dihadapkan pada berbagai cara mendidik anak. Salah satunya yang tengah populer adalah mind mapping.

Psikolog anak sekaligus salah satu pendiri Rumah Konsultasi Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, menjelaskan ini merupakan pola pengasuhan yang dilakukan dengan cara pemetaan terhadap pikiran anak.

“Jadi, ada bagan dari setiap kegiatan yang dilakukan anak dan terdiri dari apa, bagaimana, mengapa,” katanya.

Banyak manfaat yang bisa diraih dari mengajarkan mind mapping kepada anak, termasuk kemampuan kreativitas yang tinggi. “Karena mereka sudah mempelajari semua kemungkinan sehingga otak yang terus diasah menjadikannya semakin cerdas dalam berkreasi,” ujarnya.

Mind mapping juga bermanfaat untuk menerapkan pikiran positif pada anak sebab dengan pengetahuan yang luas, anak tentu akan menyadari adanya kemungkinan dan jalan keluar dari setiap masalah.

“Kita tahu segala sesuatu yang dirancang akan lebih baik saat direalisasikan daripada yang tiba-tiba. Itulah mengapa anak-anak yang dari kecil diajarkan mind mapping bisa menjadi pribadi positif karena selalu memiliki rencana alternatif,” tuturnya.

Terakhir, anak-anak yang menjalankan mind mapping juga lebih mudah menyerap pelajaran dan menjadi siswa unggulan di sekolah. Saskhya mengatakan kebiasaan menjabarkan semua informasi lah yang menjadi kata kunci.

“Ketika anak terbiasa menyerap informasi dan dipetakan, ini akan memudahkannya untuk mengingat segala hal, termasuk materi pelajaran yang disampaikan guru di sekolah. Tidak heran kalau anak bisa meraih ranking dan juara kelas,” ungkapnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT