Buka Puasa dengan Es Blewah, Ini Segudang Manfaat Baiknya
TEMPO.CO | 26/04/2020 17:35
Resep Es Blewah
Resep Es Blewah

TEMPO.CO, Jakarta - Selama Ramadan, salah satu buah yang laris adalah blewah. Banyak orang senang mengonsumsinya dengan cara diparut bersama es. Ada sensasi segar yang bisa didapat usai meneguknya.

Lebih dari itu, ada pula berbagai manfaat positif lain buka puasa dengan es blewah. Melansir dari situs Health Line dan Reader Digest, berikut empat di antaranya.

Meningkatkan kesehatan mata
Layaknya buah berwarna cerah lain, blewah yang berwarna oranye dikenal tinggi betakaroten. Adapun kandungan tersebut jika dikonsumsi tubuh akan dipecah menjadi vitamin A. Seperti yang banyak diketahui, vitamin A memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Terlebih di era globalisasi dimana penggunaan gawai tak lepas dari aktivitas harian, blewah pun bisa melindungi penglihatan.

Memperkuat imunitas
Blewah juga bisa memperkuat kekebalan tubuh. Hal tersebut disebabkan kandungan yang terbukti kaya vitamin C. Adapun, penelitian menyebutkan satu gelas blewah mengandung lebih dari 100 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Berpuasa di masa pandemi Covid-19 membutuhkan kekebalan tubuh ekstra, blewah bisa menjadi jalan keluar.

Mencegah kanker
Manfaat lain dari konsumsi blewah adalah mencegah kanker karena kandungan folat atau yang dikenal dengan vitamin B9 pada blewah. Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition pun telah membuktikan bahwa orang dengan vitamin B9 yang cukup lebih berisiko kecil menderita kanker dibandingkan yang tidak.

Menjaga berat badan
Buat yang sedang menjalankan ibadah puasa sekaligus diet guna menurunkan berat badan, berbuka dengan es blewah pun bisa menjadi pilihan. Pertama, buah ini dikenal mengandung 80 persen air. Blewah juga diketahui tinggi serat. Keduanya bisa membuat tubuh kenyang lebih lama dan akhirnya berujung pada keinginan makanan yang tertahan sehingga berat badan tetap ideal.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT