Cegah Berat Badan Naik selama WFH, Lakukan 6 Pekerjaan Rumah Ini
TEMPO.CO | 01/04/2020 05:45
Ilustrasi mencuci piring. shutterstock.com
Ilustrasi mencuci piring. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak orang yang khawatir mengalami kenaikan berat badan tak sehat saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama social distancing karena corona. Alasannya, selama di rumah aktivitas membakar kalori jauh berkurang. Orang tak melakukan perjalanan ke kantor, lebih banyak duduk atau berbaring selama bekerja, olahraga berkurang karena gym tutup, dan godaan makan yang lebih besar.

Namun, sebenarnya Anda bisa menjaga berat badan dengan aktivitas membersihkan rumah sederhana yang bisa membakar kalori. Simak daftarnya, menurut laman Indian Express dan Times of India.

1. Menyapu lantai
Bekerja dari rumah, ditambah dengan anak-anak yang juga belajar di rumah, mungkin menyebabkan rumah Anda lebih kotor daripada biasanya. Jadi sering-seringlah menyapu lantai. Faktanya, menyapu secara teratur akan membuat Anda dalam kondisi prima. Ini adalah latihan yang bagus untuk lengan dan kaki Anda. Dipercaya bahwa menyapu lantai selama sekitar 60 menit, Anda dapat membakar sekitar 170-200 kalori.

2. Mengelap debu
Tidak banyak orang yang menyukai rutinitas ini, tetapi bagi mereka yang tidak tahan melihat debu, ini adalah latihan yang baik. Aktivitas sederhana ini bisa dianggap sebagai olahraga, terutama ketika Anda melakukan peregangan dan mencapai beberapa sudut rumah yang sulit dijangkau.

Sebelum memulai, pastikan Anda menutupi wajah saat melakukannya, terutama jika Anda alergi debu. Di tengah pandemi virus corona, menjaga kebersihan lingkungan akan membantu Anda menjauhkan diri dari penyakit. Aktivitas ini dapat membantu Anda membakar antara 50 hingga 60 kalori, setiap kali membersihkan debu.

3. Merapikan kamar tidur
Kamar tidur adalah tempat Anda beristirahat dengan tenang. Jadi, pastikan ruangan ini selalu rapi. Merapikan kamar tidur dapat membantu Anda tetap bugar, terutama ketika Anda mengganti selimut, melipat seprai, mengganti gorden, membersihkan, mengubah tata letak, dan lain-lain. Satu kali merapikan kamar, Anda membakar sekitar 189 kalori.

4. Mencuci peralatan dapur
Berada di rumah berarti Anda akan masak dan makan di rumah, begitu pun anggota keluarga yang lain. Ini akan membuat cucian piring dan peralatan dapur menumpuk. Jangan jadikan beban, anggap saja ini olahraga. Satu kali mencuci piring dan peralatan dapur bisa membakar 49 kalori. Usahakan mencuci sambil berdiri, jangan duduk.

5. Menyiram tanaman
Menyiram tanaman juga bisa menjadi aktivitas yang membakar kalori, lakukan pagi dan sore hari. Satu kali menyiram tanaman, sambil berdiri dan jalan, bisa membakar 57 kalori.

6. Mencuci mobil
Mobil Anda jarang dipakai selama social distancing, tapi bukan berarti dia tidak kotor. Jadi, ini saatnya Anda membersihkan mobil, meski tak dilakukan setiap hari. Satu kali mencuci mobil bisa membakar 76 kalori. Mau coba?  


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT