Yuk Coba Resep Dalgona Coffee, Es Kopi Korea yang Viral di Medsos
TEMPO.CO | 29/03/2020 18:50
Dalgona Coffee. TEMPO/Eka Wahyu Pramita
Dalgona Coffee. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

TEMPO.CO, Jakarta - Kebiasaan menikmati es kopi susu kekinian di kedai kopi langganan kerap dilakukan banyak orang di sela atau pulang beraktivitas. Ada yang selalu mampir di kedai kopi sebelum berangkat kerja, nongkrong bersama teman, atau hanya sekadar duduk minum kopi sambil membaca buku kesukaan.

Namun, di tengah kondisi penyebaran virus corona yang marak seperti saat ini, penting bagi kita untuk mengurangi interaksi sosial dengan menjaga jarak sosial atau social distancing. Sesuai imbauan pemerintah, segala aktivitas bisa dilakukan di rumah saja termasuk minum kopi.

Meski begitu Anda tetap bisa menikmati kebiasaan minum kopi di rumah tanpa mengurangi kualitas dan tetap menjaga interaksi sosial. Tak perlu bikin kopi yang terkesan menyusahkan seperti di kafe dengan mesin pembuat kopi. Anda bisa menjajal dalgona coffee atau kopi berbusa creamy yang tengah viral di Korea Selatan sebagai aktivitas menarik untuk mengisi waktu di rumah saja. Bahan dan alatnya pun mudah didapatkan di rumah.

Berikut resep Dalgona Coffee yang sudah dimodifikasi dan diuji coba oleh Tempo.co.

Dalgona Coffee

Bahan:
1. 2 sendok makan kopi bubuk (Rekomendasi Nescafe klasik)
2. 250 cc susu segar
3. 2 sendok makan gula pasir (bisa pakai gula aren cair atau brown sugar)
4. 2 sendok makan air panas (bukan mendidih)
5. Es batu secukupnya

Cara membuat:
1. Campur kopi bubuk, gula dan air panas
2. Kocok pakai mikser atau balloon whisk sampai kental tak berjejak 
3. Tata es cube, fresh milk, dan tuang kopi yang sudah jadi creamy

Catatan:
Jika Anda menginginkan rasa kopi lebih kuat bisa tambah lagi takaran kopi. Jika tidak suka kopi bisa ganti bubuk cokelat atau Milo atau dicampur antara kopi dengan cokelat. Nah mudah bukan membuatnya, Anda bisa menikmati Dalgona Coffee sembari mengisi waktu di rumah saja dengan nonton drama korea favorit Anda. Selamat menikmati!


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT