Suplemen Vitamin C Susah Dicari, Dapatkan dari Makanan Berikut
TEMPO.CO | 28/03/2020 14:25
Ilustrasi tart stroberi/Strawberry tart. Shutterstock
Ilustrasi tart stroberi/Strawberry tart. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Jika ada kemungkinan tubuh benar-benar menangkap virus corona yang menyebabkan COVID-19, maka sistem kekebalan tubuhlah yang bertanggung jawab untuk melawannya. Oleh sebab itu, konsumsi makanan yang bisa menjaga dan meningkatkan sistem imun sangat disarankan.

Vitamin C merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini memiliki peran penting dalam kondisi pandemi virus corona baru atau COVID-19 yang sedang terjadi. Namun, belakangan sulit dicari di pasaran.

Hal ini juga menjadi imbauan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah, serta para ahli dan dokter, untuk mengonsumsi makanan sehat dengan berbagai nutrisi untuk memastikan kondisi tubuh yang baik karena dengan demikian kemungkinan orang terinfeksi menjadi menurun.

Dilansir dari Times Now News, vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, yang merupakan obat umum untuk sebagian besar orang terkait penyakit pilek dan flu biasa. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan nutrisi ini bisa mencegah penyakit tersebut.

Berikut ini adalah makanan sumber nutrisi tinggi untuk vitamin C yang mudah ditemukan dan bisa dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh di tengah kondisi pandemi.

Jeruk
Buah jeruk atau jus jeruk merupakan sumber dari kalium, folat, lutein, dan vitamin yang baik. Jeruk utuh juga merupakan serat yang baik, tetapi sebagian besar seratnya akan hilang ketika dikonsumsi dengan cara dibuat jus. Adapun, berdasarkan Food Data Central, kandungan yang ada pada segelas jus jeruk adalah sebanyak 96 miligram vitamin C. Sementara, per 100 gram konsumsi jeruk mengandung 53 miligram vitamin C.

Paprika hijau
Paprika hijau dikenal sebagai salah satu buah yang kaya vitamin C. Selain itu, buah ini juga memiliki berbagai vitamin lain, seperti vitamin A, K, dan B, yang penting bagi tubuh. Orang biasanya mengonsumsi buah ini sebagai tambahan di berbagai hidangan. Secara umum, per mangkuk buah paprika memiliki kandungan 152 miligram vitamin C atau per 100 gram porsinya mengandung sebanyak 128 miligram vitamin C.

Stroberi
Stroberi merupakan buah yang cukup digemari. Rasanya yang manis asam, tekstur empuk dan berair, sekaligus sarat dengan berabagai nutrisi, menjadi alasan yang cukup untuk mengonsumsi buah ini. Stroberi memiliki vitamin C yang tinggi dan merupakan sumber dari segudang nutrisi seperti serat, folat, potasium, dan magnesium. Adapun berdasarkan Food Data Central, per mangkuk stroberi mengandung 98 miligram vitamin C dan ukuran per 100 gram porsinya memiliki 59 miligram vitamin C.

Brokoli
Satu porsi besar sayuran brokoli mentah menyediakan sebagian besar vitamin C yang diperlukan tubuh dalam sehari. Adapun, jumlah kandungannya akan berkurang dan bervariasi, tergantung pada metode memasaknya. Secara lebih rinci, kandungan nutrisi dari brokoli untuk ukuran per mangkuk memiliki 81 miligram vitamin C dan ukurang 100 gram memiliki kandungan 89 miligram vitamin C.

Kiwi
Buah kiwi yang lezat ternyata merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Selain itu, buah ini juga kaya kalium, dan rendah kalori. Biasanya, buah ini disajikan dengan buah lain atau kacang-kacangan untuk membuat salad buah. Data nutrisi dari kiwi menunjukkan bahwa buah ini per mangkuk penyajian mengandung 167 miligram vitamin C atau per 100 gram memiliki kandungan 93 miligram vitamin yang sama.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT