Pandemi Virus Corona Tidak Halangi Kencan Romantis, Caranya?
TEMPO.CO | 24/03/2020 07:45
Ilustrasi kencan (pixabay.com)
Ilustrasi kencan (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Wabah virus corona sangat mengkhawatirkan masyarakat. Salah satu cara untuk menghentikan penyebaran virus itu adalah sebisa mungkin bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah sesuai imbauan pemerintah.

Tidak dipungkiri, penyakit akibat virus corona ini pun akan mempengaruhi urusan percintaan sebagian pasangan. Wabah virus corona menjadi ancaman untuk kelancaran hubungan Anda dengan pasangan. Pasangan kekasih yang sebenarnya tinggal berdekatan atau berada di kota yang sama terpaksa menjalin hubungan ala long distance relationship atau LDR karena imbauan social distancing.

Walau begitu, sebenarnya ada beberapa tips kencan aman yang bisa Anda lakukan dengan pasangan di tengah wabah virus corona. Simak beberapa tips kencan ini di saat wabah virus corona.

  1. Batalkan rencana kencan jika merasa tidak sehat
    Jika Anda atau pasangan merasa tidak sehat, sebaiknya batalkan janji kencan. Terutama bila Anda atau pasangan mengalami gejala tertentu, seperti demam tinggi, batuk kering, sesak napas, dan merasa lemas. Berbagai gejala itu tentu bisa merujuk pada infeksi virus corona COVID-19 ringan. Ada pula kasus virus corona yang tidak menimbulkan gejala. Dengan masa inkubasi virus hingga 2-14 hari dan penyebaran virus yang cepat, siapa saja dapat berisiko turut menyebarkan virus tanpa disadari.

    Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter atau fasilitas medis terdekat guna mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

  2. Hindari mengunjungi tempat-tempat yang ramai
    Salah satu tips kencan aman saat wabah virus corona berlangsung adalah sebisa mungkin hindari atau batalkan rencana Anda dan pasangan untuk makan malam di restoran mewah, pergi ke konser, atau hanya sekadar jalan-jalan di mall. Langkah tersebut dikenal pula dengan istilah social distancing. Social distancing adalah salah satu upaya untuk mengurangi risiko infeksi penyakit menular dengan cara tidak berdekatan dengan orang sakit.

    Social distancing tidak hanya membatasi kontak orang yang sehat dengan orang sakit, melainkan juga dengan membatalkan kegiatan atau acara sementara untuk menghindari pusat keramaian. Cara sederhana ini membutuhkan peranan Anda guna memperlambat penyebaran virus.

    Hal ini karena sentuhan fisik, termasuk berpegangan tangan, berpelukan, hingga berciuman dengan pasangan merupakan cara penularan dan penyebaran termudah, terutama dalam kasus COVID-19 ini. Jika diterapkan untuk mengurangi penularan virus corona COVID-19, metode ini dapat memperlambat infeksi virus di antara populasi yang berisiko tinggi. Selain itu, jarak sosial disinyalir juga dapat mengurangi beban tenaga kesehatan.



  3. Manfaatkan aplikasi chat
    Meski tidak dapat bertemu secara langsung dengan pasangan, bukan berarti tidak ada solusinya. Anda masih bisa mengurangi rasa ketakutan dan kekhawatiran dengan tetap membangun kepercayaan dengan pasangan. Caranya, dengan memanfaatkan aplikasi chat di ponsel untuk saling bertukar kabar, bercerita, dan mengobrol hal-hal mengasyikkan lainnya.

    Langkah ini mungkin sering dilakukan Anda dan pasangan sebelum wabah virus corona merebak, tetapi untuk situasi seperti saat ini, penting untuk memanfaatkan aplikasi chat sebagai salah satu tips kencan yang aman. Kuncinya, penting untuk mencari obrolan yang membuat pasangan merasa senang dan betah ngobrol virtual dengan Anda.

  4. Saling berkirim foto atau video
    Bosan ngobrol virtual melalui aplikasi chat? Anda bisa memanfaatkan fitur aplikasi lainnya untuk berkirim foto atau video. Anda tetap dapat melihat wajah pasangan tanpa harus bertemu secara fisik.

    Bahkan, melalui panggilan video, Anda pun bisa mengajak pasangan terlibat dalam rutinitas harian Anda di rumah. Misalnya, mengajak pasangan untuk bermain game atau menonton film bersama secara virtual. Selain itu, Anda juga bisa meminta pasangan untuk ‘menemani’ Anda saat memasak di dapur dan makan bersama. Dengan ini, Anda pun tidak perlu merasa kesepian dan tetap saling berinteraksi.

  5. Lakukan langkah pencegahan
    Keinginan untuk bertemu pasangan secara tatap muka tentu selalu ada. Namun, pertimbangkan untuk memilih tempat yang tidak ramai sehingga Anda dan pasangan tidak merasa sesak dan bernapas lega. Sebelum memutuskan pergi berkencan, sebaiknya kalian berdua menyepakati untuk tidak bergandengan tangan, berpelukan, atau berciuman saat bertemu. Sebagai solusinya, Anda dan pasangan dapat saling melambaikan tangan.

    Jika selama ini Anda dan pasangan selalu memesan makanan atau minuman untuk dikonsumsi berdua, kini sebaiknya pesan makanan dan minuman untuk dapat dinikmati sendiri-sendiri. Selain itu, hindari mengonsumsi minuman manis dan minuman beralkohol. Ini karena kedua jenis minuman tersebut dapat menekan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap paparan virus dan bakteri.

    Namun, sekali lagi, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, Anda sebaiknya mempertimbangkan waktu untuk kencan bersama pasangan dengan melakukan social distancing sementara waktu.

    SEHATQ

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT