Sambut Hari Tidur Sedunia, Simak Tips Jitu Atasi Insomnia Ini
TEMPO.CO | 12/03/2020 06:42
Ilustrasi wanita tidur. Unsplash.com/Bruce Mars
Ilustrasi wanita tidur. Unsplash.com/Bruce Mars

TEMPO.CO, Jakarta - Sleep Day atau Hari Tidur Sedunia diperingati setiap tanggal 13 Maret. Peringatan ini diinisiasi untuk mengajak masyarakat dalam mengenal manfaat penting dari tidur di malam hari.

Sayangnya meski krusial, tak sedikit orang yang mengalami masalah istirahat. Ini termasuk insomnia yang dialami oleh banyak orang akibat berbagai alasan. Padahal, WHO sendiri mengimbau agar setiap orang tidur selama delapan jam setiap hari.

Untuk mengatasi masalah akibat insomnia ini, praktik kuno Ayurveda yang terkemuka di India pun dapat memberikan bantuan untuk memulihkan kualitas tidur Anda. Melalui siaran pers yang diterima Tempo.co pada Rabu, 10 Maret 2020 dari CGH Earth Wellness, berikut adalah tips jitunya.

1. Insomnia karena kekurangan nutrisi
Bagi mereka yang insomnia karena kurangnya nutrisi ke sel-sel otak, Tarpak Kapha pun bisa diterapkan. Ini adalah suatu aktivitas yang berfungsi memelihara sel-sel otak dan memfasilitasi tidur malam yang nyenyak.

Cara cukup mudah, Anda bisa mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat dan lemak di malam hari sebelum jam 20.00. Minum susu kaya lemak dengan campuran pala dan gula merah atau putih sebelum tidur juga sangat dianjurkan.

2. Insomnia pada pecandu kerja
Jika Anda tidak bisa tidur karena terlalu asyik bekerja, Anda pun membutuhkan ketenangan agar lebih mudah beristirahat. Sadhak Pitta pun bisa menjadi jawaban dengan mengendalikan emosi, keinginan, ketegasan, dan kerohanian.

Untuk membantu mensukseskan Sadhak Pitta, Anda bisa minum beligo atau jus tebu setelah makan malam. Konsumsi lina biji almond yang telah direndam dan susu almond dengan suhu suam-suam kuku sebanyak 100 militer sebelum tidur juga disarankan.

3. Insomnia karena kecemasan dan depresi
Terakhir jika Anda mengalami insomnia akibat kecemasan dan depresi, Prana Vata pun bisa diterapkan. Ia menggabungkan sistem saraf yang sensitif agar tubuh lebih rileks dan bisa beristirahat.

Kiat yang bisa dilakukan untuk menjalankan Prana Vata, yaitu mencuci kaki Anda dengan air hangat dan pijat kaki Anda dengan mentega. Buat pula pasta susu dan mentega, lalu oleskan di atas kepala dan kaki Anda.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT