Bikin Jomblo Tetap Bahagia dengan 8 Kegiatan Ini
TEMPO.CO | 08/03/2020 10:51
Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com
Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Menyandang status jomblo sering dianggap mengenaskan oleh banyak orang. Padahal, kebahagiaan sejatinya bisa kita ciptakan sendiri. Entah Anda saat ini putus cinta dan kembali single, atau memang memutuskan belum mau berpasangan, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi jomblo happy.

Kebahagiaan bisa diciptakan sendiri. Ini tips agar hati tetap happy saat jomblo dan sendiri:

1. Berolahraga lebih sering
Saat kita jomblo atau single, ada kemungkinan kita bisa memiliki lebih banyak waktu untuk beraktivitas fisik dan berolahraga.

Bahkan studi di Amerika Serikat yang melibatkan 13.000 responden menyimpulkan hal ini. Dilaporkan bahwa orang yang belum pernah menikah lebih sering bisa berolahraga dibandingkan orang yang menjalani hubungan lain, seperti individu yang menikah, menjanda, menduda, atau yang menikah kemudian bercerai. Dengan melakukan olahraga, seorang jomblo menjadi lebih happy karena mood, kualitas tidur, dan fungsi seksual akan membaik.

2. Menguatkan persahabatan
Saat kita berpacaran atau menikah, prioritas kita tentu akan berubah. Kita harus menomorsatukan pasangan atau mungkin buah hati hasil pernikahan.

Apabila Anda saat ini tengah sendirian, fase ini menjadi momen yang tepat untuk menguatkan persahabatan dengan teman-teman. Anda memiliki waktu lebih untuk ngopi dan nongkrong bersama, atau bisa mengundang sahabat untuk sleepover di rumah.

3. Bertemu lebih banyak orang
Selain menguatkan persahabatan, menjalani single life juga membantu kita untuk berjejaring dan bersosialisasi dengan relasi baru. Bersosialisasi tentu banyak macamnya, seperti mengikuti seminar dan menjadi relawan sosial. Kita pun bisa bersosialisasi dengan banyak orang tanpa harus diceramahi oleh pasangan, dan tak perlu takut ada yang cemburu.

Saat jomblo, kita juga bisa tetap happy dengan mengikuti komunitas tertentu dan mendapatkan teman. Mulai dari komunitas menari, komunitas bersepeda, hingga komunitas pecinta hewan. Pilihlah yang Anda suka, agar tetap happy saat jomblo.

4. Menjaga asupan makanan
Beberapa orang bahagia dengan hubungan pacaran. Namun, tak sedikit pula yang mungkin menjalani toxic relationship. Hubungan yang depresif ini bisa membuat kita mengonsumsi makanan tak sehat, walau kadang dianggap sebagai makanan yang membuat kita senang (comfort food).

Entah dulu Anda pernah menjalani hubungan yang menyakitkan ataupun hubungan yang membahagiakan, kembali jomblo menjadi saat yang tepat untuk merancang diet agar tubuh lebih sehat. Namun tentunya, asupan makanan sehat tetap perlu konsisten dijalankan jika Anda kembali berpasangan.

5. Saatnya solo travelling!
Bertamasya dan melihat tempat baru di penjuru dunia kadang tak butuh orang di sebelah kita. Liburan yang paling berkesan bagi Anda mungkin saja bisa sendirian, lho.

Dengan menjalani solo travelling, Anda tak perlu meminta persetujuan tiap kali membuat keputusan saat berlibur. Kita bebas menentukan hotel tempat menginap, restoran yang ingin dituju, atau hidden gems lain yang kadang hanya kita yang ingin mendatanginya.

Selain itu, jalan-jalan sendirian membantu kita untuk memahami diri sendiri karena dapat menjadi ajang refleksi diri dan recharge pikiran. Bukan tak mungkin, kita bisa bertemu orang baru saat menjalani solo travelling.

6. Melakukan hobi baru
Menjalani single life artinya membantu kita untuk mengeksplor diri. Kegiatan eksplor diri tersebut termasuk dengan mencari hobi baru yang mungkin sebelumnya tak pernah Anda lakukan. Misalnya, Anda ingin mencoba banyak resep, namun takut tak bisa memasak. Mengapa tak mencoba mengikuti kursus memasak? Selain mempelajari hal baru, Anda mungkin mendapatkan teman baru pula.

7. Bisa menyenangkan diri sendiri
Saat berpacaran, adakalanya kita harus mendapatkan persetujuan dari pasangan untuk melakukan hal yang kita dambakan. Saat sendiri ini, Anda bisa dengan bebas untuk menjalani self-care untuk diri yang lebih sehat dan bebas stres. Misalnya saja, memesan jasa pijat, pergi ke salon, dan menjalani perawatan kulit.

8. Nikmati prosesnya
Beberapa dari kita mungkin tak terbiasa untuk single setelah putus cinta. Namun, ingatlah, bahwa kita hidup kita di dunia yang besar dan ada banyak hal menarik di dalamnya.

Seperti kata orang, 'masih banyak ikan di laut', ada banyak orang di muka bumi yang salah satunya mungkin akan menjadi cinta terakhir Anda. Nikmati proses pencarian cinta tersebut, walau tak masalah pula jika belum bisa mendapatkannya dalam waktu cepat.

Apabila Anda memutuskan untuk tetap sendiri, tentu tak masalah pula. Apapun yang terbaik untuk diri Anda, Anda yang menentukan agar tetap sehat dan bahagia.

SEHATQ


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT