Sebab Minum Air Hangat Lebih Baik dari yang Dingin
TEMPO.CO | 29/02/2020 08:35
Ilustrasi wanita minuma air mineral atau air putih. shutterstock.com
Ilustrasi wanita minuma air mineral atau air putih. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Ada cara mudah untuk membuat hari lebih produktif. Minum satu gelas air hangat di pagi hari, sesaat setelah bangun tidur dan pada saat keadaan perut masih kosong, menyimpan banyak sekali manfaat yang tidak pernah terpikiran sebelumnya.

Kita tahu 70 persen tubuh terdiri dari air. Itu sebabnya cairan tersebut sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir dari Boldsky, seseorang dapat bertahan hidup selama beberapa hari tanpa makan sedikit pun, namun tidak dapat bertahan hidup tanpa minum.

Nutrisi yang terkandung di dalam air hangat tentu berbeda dengan yang dingin. Air sendiri pada dasarnya merupakan minuman dengan tanpa kalori yang diperlukan oleh tubuh agar dapat menjalankan fungsinya secara maksimal. Namun, tidak semua air mengandung mineral baik, tergantung pada sumber air itu.

Manfaat air hangat
Meredakan rasa gatal di tenggorokan
Segelas air putih hangat yang diminum sesaat setelah bangun tidur memiliki kemampuan untuk meredakan bengkak pada tenggorokan. Selain tenggorokan kering, air hangat dapat mengatasi iritasi pada tenggorokan.

Melancarkan pencernaan
Air hangat yang diminum saat keadaan perut masih kosong dapat merangsang usus untuk bekerja lebih maksimal, seperti membuka jalan agar proses penyerapan makanan sepanjang hari berjalan dengan baik.

Meningkatkan sirkulasi
Air hangat dapat memperlancar aliran darah dalam sistem sirkulasi. Saat tubuh terpapar panas, maka sel darah yang mengalir akan mengalami peningkatan.

Menurunkan berat badan
Ingin menurunkan berat badan dengan aman? Rutin minum air hangat. Air hangat dapat menekan nafsu makan sekaligus berat dan massa tubuh.

Bagaimana dengan air dingin? Berikut merupakan alasan mengapa air dingin tidak terlalu baik bagi tubuh.

Menurunkan hidrasi
Air dingin menyebabkan pembuluh darah menyempit, itu sebabnya tubuh seseorang yang gemar minum air dingin tidak terhidrasi dengan baik. Jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, maka penyakit seperti susah buang air, pusing, bahkan kejang-kejang akan menghampiri.

Menghambat pencernaan
Air dingin hanya membuat tubuh mengalami kesulitan mencerna makanan. Alasan utamanya karena cairan dingin membuat lemak menjadi padat sehingga aliran darah terganggu.

Menyebabkan flu
Lendir yang terdapat pada sistem pernapasan dibentuk oleh air dingin. Lendir tersebut menghambat jalannya udara sekaligus meningkatkan risiko terserang infeksi pada tenggorokan dan flu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT