Kesha Ratuliu Ingatkan Pentingnya Periksa Payudara Sendiri, Ini Langkah yang Tepat
TEMPO.CO | 25/02/2020 08:45
Kesha Ratuliu. Instagram.com/@kesharatuliu05
Kesha Ratuliu. Instagram.com/@kesharatuliu05

TEMPO.CO, Jakarta - Kesha Ratuliu mengungkapkan foto hasil USG payudara di Instagram Story-nya. Foto tersebut merupakan tumor atau kista di payudaranya. Selain membagikan foto, dia juga menceritakan saat dirinya mengetahui adanya benjolan di payudara. 

Awalnya Kesha merasa nyeri pada payudara sebelah kanan yang ternyata ada benjolan. Kesha juga ingin mengingatkan pentingnya Sadari atau periksa payudara sendiri, yang bisa dilakukan di rumah. “Banyak banget yang nanya gimana aku bisa notice, karena punyaku nyut-nyutan tapi cuma di daerah yang ada benjolannya. Pas aku pegang ternyata ada benjolan. Tapi ada juga yang nggak sakit, makanya penting banget Sadari tuh,” jelas Kesha.

Kesha Ratuliu mengunggah hasil USG benjolan di payudaranya di Instagram Story pada Ahad, 23 Februari 2020. (Instagram/@kesharatuliu05)

Tipe kelenjar payudaranya besar sehingga lebih mudah untuk mengetahui jika ada tumor atau kista yang tumbuh di payudaranya. “Dan beruntungnya benjolan ini ada di arah jam 2 payudara kanan ku. Jadi aku tahu lebih cepat kalau ada benjolan. Setelah dicek, ternyata sudah 3 sentimeter, jadi lumayan besar menurutku,” ia melanjutkan. Kesha juga mengingatkan para perempuan jika menemukan benjolan dan sebagainya, untuk segera konsultasi dengan onkologi.

Pemeriksaan payudara, sebenarnya adalah hal yang perlu rutin dilakukan setiap bulannya. Langkah ini penting dilakukan sebagai langkah deteksi dini kanker payudara. Waktu paling baik untuk melakukannya adalah tujuh hingga sepuluh hari setelah menstruasi. 

Berikut ini adalah langkah-langkah memeriksa benjolan pada payudara yang tepat

- Berdiri tegak. Periksa bentuk dan permukaan kulit payudara, dan lihat apabila ada perubahan dari kondisi yang biasa.

- Angkat kedua lengan ke atas, lalu tekuk siku dan posisikan kedua tangan di belakang kepala. Dorong siku ke arah depan, dan perhatikan jika ada perubahan pada payudara. Lalu, dorong siku ke arah belakang, dan perhatikan kembali bentuknya.

- Posisikan tangan di pinggang. Setelah itu, condongkan bahu ke depan hingga payudara berada pada posisi menggantung. Lalu, dorong kedua siku kedepan dan kecangkan otot dada Anda.

- Angkat lengan kiri ke atas, hingga tangan kiri bisa menyentuh bagian atas punggung. Lalu, dengan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara dan cermati hingga ke area ketiak. Periksa payudara dengan gerakan dari atas ke bawah, memutar, dan lurus dari arah tepi payudara ke puting. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan Anda.

- Cubit kedua puting. Amati apabila ada cairan yang keluar dari puting. Jika ada, segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter. 

- Letakkan bantal di bawah pundak kanan. Lakukan pemeriksaan ini dalam posisi tidur. Lalu, angkat lengan kanan dan kiri bergantian, dan periksa payudara secara menyeluruh seperti di atas.

 

ALFI SALIMA PUTERI | SEHATQ


REKOMENDASI BERITA