Tak Selalu Buruk, Ini 8 Efek Positif Pertengkaran dengan Pasangan
TEMPO.CO | 24/02/2020 22:10
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pertengkaran atau adu argumen sering kali dianggap tidak sehat untuk suatu hubungan. Namun, sebenarnya itu membantu Anda dan pasangan untuk memiliki interaksi yang lebih tulus satu sama lain. Bahkan, pertengkaran bisa membuat hubungan menjadi lebih tangguh. Kok bisa? 

Ada banyak alasan mengapa adu argumen penting dalam mempertahankan hubungan yang baik dengan pasangan Anda. Dilansir dari Boldsky, Sabtu, 22 Februari 2020, berikut 8 alasan yang perlu Anda ketahui. 

1. Membantu menyelesaikan masalah

Mengabaikan masalah bukanlah keputusan yang bijak, karena dapat menimbulkan masalah baru dalam hubungan. Ketika Anda berdebat dengan pasangan tentang masalah tertentu, Anda cenderung membahas masalah tersebut. Dengan demikian, adu argumen dapat mengurangi kemungkinan keretakan dalam hubungan Anda.

2. Membicarakan isi hati 

Manusia tidak diberkati dengan kemampuan membaca pikiran orang. Karena itu, jika Anda tidak mengungkapkan emosi dan pikiran, akan  membuat pasangan tidak tahu apa yang ada di dalam pikiran Anda. Ketika Anda berdebat dengan pasangan, Anda jadi mengekspresikan dan mengungkapkan isi pikiran dan pendapat Anda serta memberi tahu pasangan apa yang mengganggu Anda.

3. Mengetahui pendapat pasangan

Kapan pun ada pertengkaran, Anda akan dapat mengetahui isi pikiran dan pendapat pasangan Anda tentang berbagai masalah yang terjadi berulang-ulang dalam hubungan. Anda akan mengetahui apa yang salah dalam hubungan. Dengan cara ini Anda juga dapat mengetahui apakah kalian berdua berada pada pemikiran yang sama.

4. Menemukan solusi

Ketika Anda dapat mengetahui apa yang terjadi dalam pikiran masing-masing, maka Anda akan dapat menemukan solusinya. Selain itu, Anda dapat mengetahui akar penyebab masalah dan menjadi lebih mudah untuk mencegah masalah lebih lanjut dalam hubungan. Anda juga dapat mengetahui apa yang membuat pasangan kesal.

5. Memperkuat hubungan 

Saat Anda dan pasangan mampu menangani masalah dengan cara yang efektif,  maka cenderung akan memperkuat hubungan. Anda juga dapat belajar memecahkan masalah tanpa menyakiti perasaan satu sama lain. Selain itu, Anda dapat menyadari hal-hal yang dapat memicu pertengkaran.

6. Jadi pendengar yang baik 

Salah satu alasan utama mengapa pasangan bertengkar adalah mereka tidak saling mendengarkan satu sama lain. Kita semua ingin didengar dan dipahami, terutama oleh orang yang dicintai dan percayai. Karena itu, ketika Anda berdebat satu sama lain dengan cara yang konstruktif, Anda bisa mendengarkan apa yang dikatakan pasangan Anda. Lalu Anda tidak akan lagi fokus memenangkan argumen, namun dapat menjadi memahami pasangan Anda.

7. Menghindari kesalahpahaman 

Saat berargumen, Anda dan pasangan dapat  mengekspresikan pikiran dan pendapat. Hanya sedikit peluang kesalahpahaman dalam hubungan. Sering kali, pasangan memilih diam ketika mereka terluka dan hal ini dapat menyebabkan masalah lebih lanjut, karena pasangan Anda mungkin tidak dapat mengetahui sesuatu apa yang benar-benar mengganggu Anda. Tetapi, ketika Anda berdebat untuk menyelesaikan masalah, Anda dapat menghilangkan kemungkinan kesalahpahaman.

8. Jadi lebih dewasa

Salah satu manfaat utama dari argumen adalah Anda dan pasangan dapat saling mengakui kekurangan masing-masing. Anda juga tahu apa yang membuat pasangan Anda kesal dan sebaliknya. Dengan demikian, Anda berdua dapat saling membantu dalam mengatasi masalah dan menjadi lebih dewasa dalam hubungan. Selain itu, Anda juga belajar menjadi lebih sabar dan pemaaf.

ALFI SALIMA PUTERI | BOLDSKY

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT