6 Cara Mengonsumsi Madu untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat
TEMPO.CO | 16/02/2020 12:50
Ilustrasi madu. shutterstock.com
Ilustrasi madu. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Madu sering dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Bahan makanan ini membantu mengurangi dan membakar lemak tanpa efek samping. Sebab, madu bebas lemak, bebas kolesterol, dan bebas natrium. Selain itu, hormon penting dalam madu membantu menekan nafsu makan.

Sejak lama madu digunakan sebagai pemanis, bahkan sebelum gula tebu ditemukan. Meskipun digunakan sebagai alternatif gula, madu mengandung vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, konsumsi madu tetap harus dibatasi untuk mendapatkan manfaat yang optimal. 

Berikut enam cara mengonsumsi madu yang bisa Anda coba untuk mengurangi berat badan, dilansir dari Boldsky, Sabtu, 15 Februari 2020.

1. Air hangat dan madu 

Salah satu langkah penurunan berat badan yang paling umum adalah dengan mencampur madu dengan air hangat. Dalam satu gelas air hangat, tambahkan satu sendok makan madu dan dua sendok makan jus lemon. Minumlah bagian ini dengan perut kosong di pagi hari untuk membantu penurunan berat badan yang cepat.

2. Sandwich madu 

Coba membuat sandwich madu untuk makan malam. Ambil dua iris gandum utuh atau roti cokelat dan tempelkan hanya satu sisi dengan madu. Nikmati makan malam rendah kalori dan energik ini.

3. Susu dan madu

Madu yang ditambahkan ke segelas susu skim hangat akan membantu menurunkan berat badan. Susu skim tidak mengandung kalori dan madu membantu meningkatkan energi, itulah sebabnya sebagian besar ahli olahraga menyarankan Anda untuk minum ini sebelum berolahraga.

4. Kayu manis dengan madu

Untuk mangkuk salad Anda, taburkan bubuk rempah kayu manis dan tambahkan satu sendok makan madu. Anda dapat menambahkan ini ke salad buah atau salad sayuran.

5. Teh lemon madu

Menambahkan lemon bersama dengan dua atau tiga sendok makan madu ke dalam teh bisa membuat mendatangkan keajaiban. Anda dapat minum minuman sehat ini dua kali sehari untuk menambah energi sekaligus menurunkan berat badan.

6. Oat dengan madu

Daripada menggunakan gula, pilihlah madu untuk campuran di oat Anda sebagai topping. Cara ini bisa Anda coba saat sarapan. 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT