Ajaibnya Sperma, Bisa Hidup Beberapa Detik Hingga Tahunan Jika...
TEMPO.CO | 10/02/2020 06:35
Ilustrasi sperma. Shutterstock
Ilustrasi sperma. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Sel sperma adalah salah satu sel yang ajaib. Cukup satu sel saja dapat menyebabkan kehamilan. Oleh karena itu, bagi Anda yang berhubungan seksual dan sedang tidak merencanakan kehamilan, wajib berhati-hati saat mengeluarkan sperma. Pasalnya, kehamilan mungkin terjadi jika vagina bersentuhan dengan kain atau benda yang mengandung sperma basah. Atau bahkan ketika melakukan ejakulasi di dubur, cairan sperma dapat menetes ke pembukaan vagina.

Mungkin Anda pernah bertanya, berapa lama umur sel sperma setelah dikeluarkan dari penis? Jawabannya tergantung di mana sperma itu mendarat. Sperma memiliki daya tahan yang lama jika kondisi di sekitarnya mendukung. Seperti di rahim misalnya, sperma dapat bertahan hidup hingga 5 hari. Oleh karena itu, kehamilan mungkin terjadi dengan persentase kecil walapun Anda melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan saat pasangan mengalami menstruasi.

Pada permukaan yang kering, sperma akan mati ketika cairan mani mengering. Sperma juga hanya memiliki umur hitungan detik jika dikeluarkan di air panas. Namun jika berada di air dengan suhu ruangan, sperma dapat hidup selama beberapa menit.

Tak perlu khawatir pasangan Anda hamil jika Anda ejakulasi saat berendam berdua di dalam bak. Meski memiliki kemungkinan kecil untuk hamil, sekalipun sperma masih tetap hidup, sel sperma tidak memiliki sistem navigasi otomatis untuk berenang langsung ke arah vagina.

Namun sperma juga bisa memiliki umur hingga puluhan tahun jika dibekukan dan diawasi dalam lingkungan yang dikontrol. Contohnya pada penyimpanan sperma di bank sperma atau untuk kebutuhan penelitian.

SEHATQ


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT