Tips Memakai Sepatu High Heels agar Tak Mudah Lelah dan Lecet
TEMPO.CO | 19/01/2020 15:45
Ilustrasi sepatu hak tinggi/high heels. Shutterstock.com
Ilustrasi sepatu hak tinggi/high heels. Shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Sepatu berhak tinggi atau high heels menjadi salah satu teman terbaik para perempuan. Sepatu ini membuat perempuan lebih percaya diri saat tampil mengenakan gaun, celana panjang, atau apa pun. Sayangnya, sepatu ini kerap kali menyiksa saat digunakan karena bikin cepat lelah dan kaki terasa sakit. 

Untungnya, ada cara yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi rasa sakit dan pegal saat menggunakannya. Dilansir dari laman Times of India, berikut enam trik agar tumit Anda tidak tersiksa.

1. Pilih sepatu yang bertali

Saat membeli sepatu high heels, pilih yang memiliki tali atau gesper yang akan memberikan dukungan ekstra bagi kaki Anda. Tali dan gesper juga akan mengurangi iritasi yang menyebabkan lecet.

2. Beli yang bertumit tebal

Hak atau tumit pensil maupun stiletto membuat kaki harus bekerja keras, pilihlah sepatu dengan hak yang lebih tebal atau block heels. Karena lebar, sepatu jenis ini akan mendistribusikan berat Anda secara merata dan akan mengurangi tekanan pada kaki Anda.

3. Regangkan sebelum dipakai

Setiap kali Anda membeli sepatu baru, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meregangkannya. Kenakan sepatu hak dengan sepasang kaus kaki lalu berjalanlah di sekitar rumah. Cara ini akan sedikit meregangkan sepatu Anda dan mengurangi risiko lecet.

4. Pilih yang pas

Seperti pakaian, setiap merek sepatu yang berbeda bisa memiliki ukuran yang berbeda. Anda mungkin memakai ukuran enam dari merek tertentu tetapi mungkin berbeda pada merek yang lain. Jadi, pastikan ukuran kaki Anda secara akurat sebelum membelinya. Sedikit saja perbedaannya dapat menyebabkan masalah besar di kemudian hari.

5. Perhatikan cara berjalan

Anda tidak bisa berjalan dengan cara yang sama seperti saat menggunakan sepatu kets. Ketika mengenakan sepatu high heels, Anda bergerak dengan tumit yang berbeda, berdiri tegak, gunakan kaki, dan pinggul untuk bergerak maju. Lakukan ini sebelum mengenakan sepatu hak, ini akan banyak membantu Anda dalam jangka panjang.

6. Stik anti-blister

Stik anti-blister berguna untuk mencegah kaki lecet saat mengenakan sepatu baru atau high heels. Anda bisa melumasi bagian kaki yang sensitif dengan stik ini sebelum menggunakan sepatu. Stik ini berbentuk kecil jadi mudah dibawa untuk digunakan kapan pun dibutuhkan.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT