Pesta Tahun Baru Selesai, Ini Rahasia Malioboro Langsung Bersih
TEMPO.CO | 01/01/2020 22:49
Unit kendaraan penyapu jalan dan petugas kebersihan Kota Yogya yang langsung bergerak membersihkan kawasan Malioboro-Titik Nol kilometer usai pesta pergantian tahun baru bubar (1/1). Kawasan ini bersebarangan persis dengan Gedung Agung, tempat Presiden Jo
Unit kendaraan penyapu jalan dan petugas kebersihan Kota Yogya yang langsung bergerak membersihkan kawasan Malioboro-Titik Nol kilometer usai pesta pergantian tahun baru bubar (1/1). Kawasan ini bersebarangan persis dengan Gedung Agung, tempat Presiden Joko Widodo berada di Yogyakarta. TEMPO/Pribadi Wicaksono

TEMPO.CO, Jakarta - Kawasan pusat Kota Yogyakarta yang menjadi titik perayaan pergantian tahun baru 2020, sempat tertutup berbagai macam sampah sejak Selasa sore 31 Desember 2019.

Terutama di kawasan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer juga area depan Gedung Agung, tempat Presiden Joko Widodo berada di Yogyakarta, tak luput dari tebaran sampah khususnya gelas plastik dan botol mineral.

Bahkan lantai di kawasan Titik Nol Kilometer yang terbuat dari material batu andesit, juga sempat tampak kotor dan menghitam setelah menjadi pusat pesta kembang api ketika detik pergantian tahun.

Namun sampah-sampah di Malioboro dan di kawasan Titik Nol Kilometer itu lenyap dalam hitungan jam atau sebelum matahari terbit.

Pantauan TEMPO, usai perayaan berlangsung, deretan kendaraan penyapu jalan diterjunkan bersama ratusan petugas kebersihan. Baik yang berukuran sedang maupun besar.

Unit khusus kendaraan penyapu jalan sejak dini hari pukul 02.00 WIB, terus berputar putar di area Malioboro hingga Titik Nol membersihkan lantai jalan di kawasan itu.

Truk-truk compactor yang mengangkut sampah juga terus bergerak hingga arah Titik Nol Kilometer dan sekitarnya, bersama ratusan petugas kebersihan.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sebelumnya meminta agar Malioboro dan sudut kota Yogya lain yang menjadi pusat perayaan pergantian tahun baru, bisa bersih kembali sebelum masyarakat beraktivitas keesokan harinya.

unit kendaraan penyapu jalan dan petugas kebersihan Kota Yogyakarta yang langsung bergerak membersihkan kawasan Malioboro-Titik Nol kilometer usai pesta pergantian tahun baru bubar (1/1). TEMPO/Pribadi Wicaksono

“Setelah malam tahun baru kan masih hari libur, tentu banyak wisatawan yang berada di Yogyakarta, sampah tidak boleh menggunung, harus bersih kembali sebelum pukul 08.00 WIB semuanya,” ujar Haryadi Selasa 31 Desember 2019.

Haryadi mengakui kawasan Malioboro dengan panjang 1.300 meter dan dijejali lebih dari 500 ribu orang saat malam pergantian tahun, sampah tentu menjadi perhatian.

“Kami selalu mengimbau wisatawan juga turut terlibat menjaga kebersihan, sudah tersedia tempat sampah di sepanjang Malioboro, mari dijaga bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Liburan akhir tahun di Yogya ini turut dinikmati Presiden Joko Widodo dan keluarga. Sejak 30 Desember 2019, Jokowi sudah berada di Yogya dan sempat meresmikan pembangunan embung di Kulon Progo sebelum ikut melewatkan pergantian tahun, dari komplek sekitar Gedung Agung-Titik Nol Kilometer.

Pada Rabu 1 Januari 2020, rombongan Jokowi tampak mulai meninggalkan Gedung Agung setelah sebelumnya membagi-bagikan kaos kepada masyarakat di sekitar kawasan Titik Nol Kilometer.

PRIBADI WICAKSONO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT