Aneka Manfaat Ciuman buat Kesehatan
TEMPO.CO | 01/01/2020 20:28
Ilustrasi Berciuman. Myhealthnewsdaily.com
Ilustrasi Berciuman. Myhealthnewsdaily.com

TEMPO.CO, Jakarta - Ciuman dapat berarti banyak hal, mulai dari kasih sayang, rasa cinta, canggung, intens, membosankan bahkan mengubah pandangan tentang seseorang.

“Seks dapat bermanfaat. Begitu pula dengan ciuman intens. Ciuman yang dilakukan dua orang dengan sepenuh hati dapat menggerakkan hati dan semangat karena menjadi cara unik untuk mengungkapkan dan menerima cinta serta kasih sayang. Ciuman setidaknya satu hari sekali dapat menjauhkan dari berbagai penyakit,” jelas Andrea Demirjian, penulis Kissing: Everything You Ever Wanted to Know about One of Life’s Sweetest Pleasures.

Menurunkan tekanan darah
“Ciuman yang dilakukan dengan penuh gairah dan semangat mempercepat detak jantung sehingga tekanan darah dapat turun secara signifikan. Saat berciuman, pembuluh darah melebar, sehingga darah dapat mengalir ke semua organ vital secara lancar,” ujar Demirjian.

Mengobati kram dan sakit kepala
“Ciuman sangat ideal dilakukan terutama saat Anda mengalami sakit kepala dan kram perut selama menstruasi,” kata Demirjian kepada CNN. Sesi berciuman yang cukup lama dan intens akan membuka lebar pembuluh darah sehingga darah yang mengalir ke otak dan perut lebih lancar.

Mengurangi risiko gigi berlubang
“Saat ciuman, kedua mulut menghasilkan lebih banyak air liur, mekanisme tersebut yang nantinya akan menghilangkan plak di mulut yang menyebabkan gigi berlubang,” ujar Demirjian.

Meningkatkan hormon senang
“Jika Anda stres atau tertekan, ciuman menjadi obat mujarab yang dibutuhkan agar merasa jauh lebih baik. Ciuman akan membuat pikiran Anda rileks. Senyawa seperti serotonin, dopamin, oksitosin dapat menghasilkan hormon senang, sama seperti saat berolahraga,” ungkap Demirjian.

Membakar lemak
“Ciuman dan hubungan seks yang dilakukan dengan sangat bersemangat dapat membakar 8 hingga 16 kalori. Keduanya harus dilakukan dengan penuh kasih sayang, namun bukan berarti harus melakukan ciuman atau hubungan seks selama 10 jam untuk membakar lemak lebih banyak,” tutur Demirjian.

Meningkatkan sistem imun tubuh
Peneliti asal Jerman menemukan bahwa laki-laki yang mendapatkan ciuman sebelum pergi ke kantor dari istrinya lebih bersemangat menghasilkan uang.

“Jika pergi meninggalkan rumah dengan perasaan senang, secara otomatis ia akan lebih produktif karena tidak merasa stres, tertekan, sehingga lebih bersemangat dalam mencari nafkah,” jelas Demirjian.

Memerangi kerutan di wajah
Menurut Demirjian, ciuman yang dalam dapat membentuk otot leher dan rahang, dua spot yang selalu dikhawatirkan berkerut. “Kebanyakan otot wajah berada di mulut, saat berciuman, otot-otot tersebut menegang dan terbentuk,” ujar Demirjian.

Menjadi tolok ukur kompatibilitas hubungan seksual
“Terkadang, saat melakukan ciuman untuk pertama kali, kebanyakan orang merasa canggung, gugup, bahkan malu. Di saat itu lah Anda harus dapat menilai apakah pasangan berkualitas atau tidak sebelum akhirnya melakukan hubungan seksual,” tutur Demirjian.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT