6 Cara Alami Mengatasi Gatal pada Kulit Kepala
TEMPO.CO | 29/12/2019 14:45
Ilustrasi kepala gatal. Shutterstock
Ilustrasi kepala gatal. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Kulit kepala gatal tentu bikin tak nyaman. Kadang, rasa gatalnya begitu kuat, sehingga Anda tak tahan untuk menggaruknya di depan umum. Kondisi ini tentu sangat mengganggu.

Penyebab kulit kepala gatal umumnya adalah ketombe atau dermatitis seboroik. Gangguan pada kulit sering terjadi ketika kelenjar sabasea di kulit kepala dan wajah meradang. Kondisi ini menimbulkan rasa gatal dan kulit mengelupas.

Selain ketombe, pemicu kulit kepala gatal dapat berupa kulit kepala yang sensitif, kutu rambut, dermatitis kontak, atau iritasi kulit kepala tersentuh bahan tertentu, seperti kandungan sampo, reaksi alergi terhadap obat-obatan, psoriasis kulit kepala, kurap, atau tinea capitis, lupus, hingga diabetes

Beberapa kasus kulit kepala gatal dapat diatasi dengan sejumlah bahan alami. Beberapa bahan tersebut, yaitu:

1. Minyak zaitun hangat

Minyak zaitun hangat dapat membantu melembutkan dan mengendurkan kerak dan sisik, penyebab gatal di kulit kepala. Anda tinggal menghangatkan minyak zaitun, kemudian mengoleskannya ke kulit sembari melakukan pijatan.
Setelah beberapa jam, berkeramaslah menggunakan sampo yang berbahan asam salisilat.

2. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antibakteri, antiperadangan, dan antijamur. Apabila kulit kepala terasa gatal karena kondisi kulit, cuka apel dapat menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Anda bisa melarutkan cuka apel secukupnya ke air hangat. Larutan tersebut dapat dijadikan sampo untuk mengusir ketombe dan kulit kepala yang gatal.

3. Minyak kelapa organik

Minyak kelapa mengandung asam laurat, jenis lemak jenuh efektif melawan mikroba. Beberapa klaim juga menyebutkan bahwa minyak kelapa ampuh mengatasi kulit kepala gatal akibat eksim, serta manjur melawan kutu rambut.

4. Minyak peppermint

 

Mnyak peppermint memiliki potensi untuk mengurangi ketombe dan meredakan rasa gatal di kulit kepala. Untuk mencoba bahan alami ini, campurkan minyak peppermint dengan minyak zaitun. Kemudian, oleskan ke kulit kepala, lakukan pijatan, dan bilas dengan sampo.

Agar makin optimal, Anda bisa membilas kulit kepala dengan air daun peppermint, setelah berkeramas dengan sampo.

5. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki potensi untuk mengusir rasa gatal di kulit kepala. Sebab, minyak ini memiliki sifat antimikroba, antijamur, antiperadangan, dan antiseptik. Dengan khasiat tersebut, tea tree oil dapat mengusir gatal yang disebabkan oleh ketombe dan kutu rambut.

Agar aman digunakan, campurkan 10-20 tetes tea tree oil ke sampo yang lembut. Anda juga bisa mencampurkan tetesan tea tree oil tersebut ke minyak zaitun. Kemudian, oleskan campuran ini langsung ke kepala dan lakukan pijat dengan lembut.

Jangan sekali-sekali mengoleskan tea tree oil tanpa mencampurkannya ke bahan lain, karena dapat menimbulkan iritasi kulit. Minyak ini juga tak boleh diminum.

6. Meditasi

Ternyata, stres pun dapat menjadi pemicu kulit kepala gatal. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, meditasi dapat dilakukan. Meditasi juga mampu mengatasi kulit kepala gatal yang disebabkan oleh eksim.

Jika tak terbiasa bermeditasi, Anda bisa mengikuti kelas yoga. Mengunduh aplikasi meditasi atau mendengarkan podcast untuk untuk menenangkan pikiran, bisa menjadi pilihan.


SEHATQ

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT