Manfaat Sehat Buah Naga, dari Jantung sampai Diabetes
TEMPO.CO | 22/12/2019 14:35
Buah naga (Pixabay.com)
Buah naga (Pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Selain enak dimakan karena rasanya yang manis, buah naga, atau kadang disebut buah kaktus, memiliki sederet nilai gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya serat yang bisa membantu menjaga gula darah tetap normal.

Selain itu, seperti dilansir Indian Express, buah naga juga mengurangi stres oksidatif dan ini bermanfaat bagi penderita diabetes tipe-2 dengan resistensi insulin. Manfaat lain buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara ini adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya flavonoid dan antioksidan sebagai sumber vitamin C yang lebih baik daripada wortel.

Buah naga yang disebut dengan pitahaya juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Biji buah mengandung asam lemak omega yang meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Tak hanya itu, buah naga bahkan bisa meningkatkan kesehatan usus karena mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Bagaimana cara memakannya?

Pertama, temukan buah yang matang. Pilih yang berwarna merah terang dan bukan hijau. Setelah itu, gunakan pisau untuk membelah buah menjadi dua. Selanjutnya, ambil daging buah dengan sendok dan tambahkan ke salad, minuman, smoothie atau yogurt, serta hidangan lain.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT