Obati Infeksi Telinga dengan Minyak Zaitun, Simak Caranya
TEMPO.CO | 14/12/2019 13:22
Ilustrasi minyak zaitun. Pixabay.com
Ilustrasi minyak zaitun. Pixabay.com

TEMPO.CO, Jakarta - Gatal dan nyeri yang dirasakan saat telinga terinfeksi tentu sangat mengganggu. Infeksi telinga dapat membuat istirahat di malam hari terganggu. Jika sudah demikian, hari-hari di kantor menjadi kurang produktif.

Infeksi telinga sendiri beragam tingkatannya, mulai dari yang ringan hingga serius. Minyak zaitun yang senantiasa tersedia di rumah dapat dimanfaatkan untuk mengobati infeksi telinga ringan dengan tiga resep berbeda di bawah ini, dilansir dari Boldsky.

Minyak zaitun ternyata tidak hanya dapat dikonsumsi namun juga digunakan sebagai obat alami sebab minyak zaitun memiliki sifat obat. Selain dapat digunakan untuk mengobati, minyak zaitun juga dapat digunakan dalam proses pencegahan. Beberapa gejala yang menandakan telinga terinfeksi ialah bengkak disertai dengan demam, sakit pada bagian dalam telinga, dan sulit tidur di malam hari.

Infeksi telinga tentu dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Menariknya, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi pada telinga anak. Berikut caranya.

Minyak zaitun murni
Campur 3 hingga 4 tetes minyak zaitun dengan air hangat kuku. Teteskan pada telinga yang terinfeksi dengan bantuan cotton bud. Pijat area sekitar telinga secara perlahan. Lakukan pada telinga lain. Ulangi dua kali sehari. Selain dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman, campuran minyak zaitun murni dengan air hangat juga dapat membersihkan kotoran dalam telinga.

Minyak zaitun dan bawang putih
Campur satu sendok makan minyak zaitun dengan 3 hingga 4 siung bawang yang sudah dihaluskan. Teteskan campuran kedua bahan tersebut pada telinga yang terinfeksi dengan bantuan cotton bud. Ulangi hingga rasa nyeri hilang.

Minyak zaitun dan cengkeh
Campur satu sendok makan minyak zaitun dengan 3 hingga 4 batang cengkeh yang sudah dihaluskan. Teteskan campuran kedua bahan tersebut pada telinga yang terinfeksi dengan bantuan cotton bud. Lakukan dua kali sehari. Ulangi hingga rasa nyeri pada telinga hilang.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT