Manfaat Sayur Kangkung, Cegah Anemia hingga Menyehatkan Mata
TEMPO.CO | 13/12/2019 22:05
Kuliner tradisional Lombok, NTB, Pelecing Kangkung. Wikipedia
Kuliner tradisional Lombok, NTB, Pelecing Kangkung. Wikipedia

TEMPO.CO, Jakarta - Kangkung menjadi salah satu jenis sayuran yang banyak disukai. Selain sangat mudah diolah menjadi aneka ragam makanan, manfaat sayur kangkung untuk kesehatan begitu banyak.

Ada dua jenis kangkung, yaitu kangkung air (Ipomoea aquatica) dan kangkung darat (Ipomoea reptans). Perbedaan kangkung air dan kangkung darat, terutama ada pada bentuk daun dan warna bunganya. Kangkung air memiliki daun daun panjang, ujung agak tumpul, berwarna hijau tua, dan bunga putih kekuningan atau kemerahan. Di sisi lain, kangkung darat memiliki daun panjang, ujung agak runcing, warna hijau keputihan dan bunga putih.

Apa pun jenis kangkungnya, nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, kangkung sangat kaya akan kalium, mangan, dan zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan harian manusia dari segala kelompok umur.

Selain itu, kangkung juga mengandung cukup banyak magnesium yang berfungsi mendukung pertumbuhan orang dewasa, terutama pada wanita yang akan memasuki menopause, serta anak-anak. Dalam jumlah yang relatif lebih sedikit, kangkung juga mengandung serat, protein, serta kalsium.

Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa manfaat sayur kangkung untuk kesehatan cukup signifikan, beberapa di antaranya adalah:

Mencegah anemia

Manfaat sayur kangkung yang paling diagung-agungkan adalaha dapat mencegah anemia karena kaya akan zat besi. Zat besi sendiri dapat merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh sehingga Anda tidak akan mengalami gejala anemia, seperti badan lesu dan lemah serta sakit kepala.

Menyehatkan mata

Sayur kangkung juga mengandung vitamin A, karotenoid, dan lutein yang dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan konsumsi kangkung secara rutin adalah katarak.

Meningkatkan kualitas otak

Kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 pada kangkung dapat membantu kinerja otak menjadi lebih baik. Manfaat sayur kangkung ini menjadikannya sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan agar kapasitas otak mereka meningkat dan menjadi lebih cerdas.

Menjaga kesehatan jantung

Kangkung juga disebut-sebut dapat menyehatkan jantung karena kandungan vitamin A dan C, serta beta-karoten yang sekaligus dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat antioksidan ini dapat mencegah penyumbatan arteri jantung karena adanya kolesterol yang teroksidasi akibat paparan radikal bebas.

Saat kolesterol teroksidasi pada dinding pembuluh darah inilah Anda memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular, seperti stroke maupun serangan jantung. Sebaliknya, magnesium yang terkandung dalam sayur kangkung dapat menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Selain zat antioksidan, manfaat sayur kangkung yang satu ini juga datang dari kandungan folat yang dapat membantu untuk mengonversi bahan kimia bernama homosistein. Tingginya kadar homosistein dalam tubuh dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Menstabilkan kadar kolesterol darah

Jika Anda tengah melakukan diet rendah kolesterol, mengonsumsi kangkung bisa jadi salah satu pilihan. Pasalnya, kangkung telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah yang berkontribusi pada naiknya angka kolesterol total Anda.

Sehatq


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT