Tips Maksimal Berfoto dengan Kamera Ponsel saat Hadiri Konser
TEMPO.CO | 25/10/2019 05:35
Ilustrasi konser musik
Ilustrasi konser musik

TEMPO.CO, JakartaKonser apa yang akan Anda hadiri dalam waktu dekat ini? Pastinya Anda ingin mengabadikan acara dari awal hingga akhir, bukan? Sayangnya, tidak semua konser membolehkan para penonton membawa kamera profesional seperti.

Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai cara mudah untuk tetap menghasilkan foto yang maksimal saat nonton konser dengan merekam menggunakan telepon genggam. Hal pertama yang penting dilakukan adalah memastikan handphone terisi baterai.

Sebab, satu-satunya cara penonton untuk mengabadikan momen hanya dengan handphone. “Jangan sampai datang ke konser hp-nya mau mati,” kata Founder Foto Konser Ardianto dalam acara Panggung dari Lensa Smartphone di Jakarta pada 24 Oktober 2019.

Menghapus dan menyediakan memori yang besar juga wajib dilakukan. Ardianto mengatakan bahwa hal tersebut bertujuan untuk menangkap semua momen yang tak ingin dilewatkan. “Kalau penuh dan Anda harus hapus-hapus, momen yang bagus tidak akan didapat,” katanya.

Selanjutnya, saat foto, Ardianto menyarankan untuk menggunakan manual mode daripada auto mode. Karena manual mode bisa membantu Anda untuk menyesuaikan exposure dan focus. “Ini yang gambar kotak saat kita ketuk layar kameranya. Dia bisa menunjukkan aturan pencahayaan yang Anda inginkan,” katanya.

Jika seseorang menggunakan expert mode, Ardianto menghimbau untuk mengatur speed dan ISO-nya. Angka yang disarankan adalah 120 dan 360. “Supaya kalau performer-nya lompat dan Anda foto, hasilnya tidak kabur,” katanya.

Terakhir, memberikan efek yang disesuaikan dengan kebutuhan juga disarankan Ardianto. Aplikasi apapun bisa digunakan untuk memperindah hasil akhir. “Yang terkenal ada VSCO, Snapseed itu bisa digunakan untuk edit-edit,” katanya.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT