Agar Hidup dan Karir Sukses, Coba 7 Keterampilan Sosial Ini
TEMPO.CO | 21/10/2019 09:38
Ilustrasi pria sukses. shutterstock.com
Ilustrasi pria sukses. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Ada beberapa keterampilan sosial yang akan membuat Anda sukses dalam setiap aspek kehidupan. Itu akan membantu Anda belajar bagaimana mengatasi konflik atau bahkan bagaimana menangani emosi.

Keterampilan sosial dapat berkontribusi besar untuk kesuksesan, jadi cobalah untuk menumbuhkan itu karena dapat berdampak positif pada kesehatan, pendidikan, dan terutama pada karir. Berikut tujuh keterampilan sosial penting yang akan menjamin kesuksesan hidup, dilansir Allwomenstalk.

1. Optimisme
Banyak orang mengatakan optimisme sebenarnya tidak termasuk sebagai keterampilan sosial, namun secara signifikan dapat meningkatkan banyak hal dalam berbagai bidang kehidupan. Orang-orang secara alami tertarik pada seseorang yang positif dan optimis, karena tipikal orang ini selalu menyenangkan dan dapat menginspirasi serta memotivasi untuk mengikuti tujuan dan memenuhi semua impian. Coba untuk menghapus hal-hal negatif dari kehidupan dan adopsi sikap yang lebih positif.

2. Kesopanan
Kesopanan merupakan keterampilan sosial yang penting dan harus dibangun sejak usia dini. Tidak sulit untuk bersikap baik kepada orang-orang di sekitar. Lakukan upaya ekstra untuk bersikap sopan dan selalu berpikir dua kali sebelum berbicara. Cobalah untuk menghindari emosi dan kata-kata negatif, dan gunakan frasa seperti "terima kasih," "permisi" atau "maaf" lebih sering.

3. Belas kasih
Ini merupakan keterampilan sosial penting yang memungkinkan Anda merasakan perasaan orang lain dan memiliki keinginan mendalam untuk membantu mereka. Agar lebih empati, dengarkan secara seksama ketika orang lain sedang berbicara dan coba berhubungan dengan masalah yang mereka gambarkan. Cobalah juga untuk menemukan cara untuk membantu dan membuat hidup mereka lebih baik.

4. Disiplin
Individu yang disiplin akan berperilaku dengan cara yang sesuai dengan seperangkat aturan, hukum, adat istiadat, atau kebijakan lain. Dalam rangka mengembangkan disiplin dan pengendalian diri, cobalah untuk menghargai diri sendiri dalam setiap kesuksesan kecil yang diraih, ambil rehat untuk mengisi ulang energi, mengubah rutinitas, dan melangkah keluar dari zona nyaman.

5. Kesabaran
Amatlah penting untuk belajar bagaimana menjadi lebih sabar saat ini, terutama ketika segala sesuatu di sekitar bergerak begitu cepat. Cobalah untuk melatih kesabaran dengan menggunakan teknik meditasi. Ketika sesuatu mengganggu, tutup mata, ambil napas dalam-dalam, visualisasikan reaksi yang ideal dalam situasi itu dan coba untuk berperilaku dengan cara yang lebih masuk akal dan konstruktif.

6. Kemampuan mendengarkan
Orang-orang sukses bukan hanya pembicara yang andal, tetapi mereka juga pendengar yang baik. Kemampuan untuk mendengarkan dengan cermat apa yang dikatakan orang lain akan membantu belajar hal-hal baru, pertukaran informasi, dan terutama, memahami kritik yang membangun. Ketika berbicara dengan seseorang, cobalah untuk tidak mendominasi pembicaraan. Tetap tenang dan memperhatikan apa yang mereka sampaikan.

7. Pemaaf
Orang-orang sukses tidak menyimpan dendam, mereka tahu bagaimana memaafkan dan melupakan, atau setidaknya mereka telah belajar bagaimana melakukannya. Mereka tidak memikirkan masa lalu karena tahu bahwa hal-hal tertentu tidak dapat diubah. Memendam stres hanya akan meningkatkan tingkat stres dan itu akan mempengaruhi kesejahteraan. Jadi, cobalah untuk belajar bagaimana memaafkan orang lain lebih sering, bahkan diri sendiri, kadang-kadang. Keterampilan sosial lain yang harus dicoba kembangkan jika ingin sukses adalah ketahanan, tanggung jawab, kepemimpinan, dan kejujuran.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT