Berburu Jajanan di Pasar Kue Subuh Sekitar Jakarta
TEMPO.CO | 14/10/2019 20:46
Sejumlah jenis kue yang dijual di pasar kue subuh kawasan Senen, Jakarta Pusat, (05/10). Berbagai macam kue kering dan basah dan juga beraneka ragam roti dijual dengan harga yang murah. Tempo/Dian Triyuli Handoko
Sejumlah jenis kue yang dijual di pasar kue subuh kawasan Senen, Jakarta Pusat, (05/10). Berbagai macam kue kering dan basah dan juga beraneka ragam roti dijual dengan harga yang murah. Tempo/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, Jakarta - Kawasan Jakarta, Depok, dan Tangerang menawarkan wisata kuliner yang unik. Beragam kue dijajakan pada waktu subuh. Tempat menjajakan makanan ringan itu dijuluki Pasar Kue Subuh. Biasanya pedagang kue ini mulai berjualan pukul 03.00 hingga 08.00. Pegipegi.com merangkum lima Pasar Kue Subuh yang populer.

Pasar Kue Subuh Senen

Berada di Jalan Senen Raya, Jakarta Pusat. Pasar Kue Subuh Senen kesohor, apalagi di bulan Ramadan. Pengunjung tumpah ruah. Pasar Kue Subuh ini sudah ada sejak 1988. Menu yang ditawarkan beragam di antaranya pastel, risoles, tahu, bolu, sus, kue lapis.

Pasar Kue Subuh Blok M

Pasar Kue Subuh Blok M berada di Jalan Melawai V, Jakarta Selatan. Namanya sangat populer di kalangan warga di kawasan Jakarta Selatan. Pasar Kue Subuh Blok M menawarkan berbagai jajanan pasar yang harganya terjangkau. Berbagai makanan ringan di antaranya, lemper, arem-arem, pastel, bolu, dan brownies.

Dua orang pengunjung membeli sejumlah kue di pasar kue subuh di dikawasan Senen, Jakarta Pusat, (05/10). Tempo/Dian Triyuli Handoko

Pasar Kue Subuh Detos

Warga Depok umumnya tahu Pasar Kue Subuh Detos, karena sering menjadi langganan para pelajar dan pekerja. Pasar kue subuh ini berada di Jalan Margonda Raya Nomor 1, Beji, Depok. Berbagai makanan ringan yang bisa ditemukan di tempat ini di antaranya kue lapis, onde-onde, sus, bolu, dan kue tart. Aneka gorengan pun ditawarkan banyak pedagang. Pasar kue subuh ini bisa dikunjungi mulai dini hari, sekitar pukul 03.00 pagi di kawasan Depok Town Square (Detos).

Pasar Kue Subuh Pamulang Square

Kawasan dagangan makanan ringan ini mulai berjualan ketika waktu azan Subuh. Lokasinya persis di seberang Pamulang Square, Jalan Raya Siliwangi, Tangerang Selatan. Kabarnya, menu andalan di Pasar Kue Subuh Pamulang Square adalah kue lapis. Ada kue lapis yang tipis maupun yang tebal. Pilihan jajanan pasar lainnya, yaitu bolu, lumpia, dan nagasari.

Suasana jual beli kue di pasar kue subuh di Blok M, Jakarta, (23/2). Pasar kue Blok M ini merupakan salah satu lokasi penjualan kue terbesar di Jakarta. TEMPO/Yosep Arkian

Pasar Kue Subuh Sitanala Tangerang

Seperti sebutan namanya, pasar kue subuh ini berada di Jalan Sitanala, Neglasari, Kota Tangerang. Pasar Kue Subuh Sitanala juga pusat grosir berbagai kue. Menurut rangkuman Pegipegi hal yang membedakan waktu berdagang di pasar ini, dimulai ketika hampir senja hingga pukul 10.00. Berbagai dagangan di antaranya bika ambon, klepon, bolu pandan, pukis, kue lumpur, putu ayu, kue dadar gulung, wajik, bikang, kue cucur.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT