Mengenal Meningitis, Penyakit yang Diderita Ashanty
TEMPO.CO | 14/10/2019 09:27
Ashanty. Instagram
Ashanty. Instagram

TEMPO.CO, Jakarta - Kabar penyakit autoimun yang diidap Ashanty menjadi perbincangan publik. Namun, ternyata ini bukan kali pertama dirinya menderita penyakit serius. Pada 2013, istri dari Anang Hermansyah ini rupanya pernah mengalami meningitis.

Melansir dari situs Web MD, meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri meningokokus yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Infeksi ini bisa terjadi karena peradangan yang disebabkan virus atau bakteri pada selaput tersebut.

Penyakit ini juga mudah menyerang seseorang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, iritasi nasofaring karena rokok atau infeksi saluran pernapasan. Dari segi penularan, meningitis umumnya terjadi melalui kontak langsung dengan penderita atau terpaparnya cairan tubuh penderita melalui ludah, dahak, ingus, cairan bersin, dan cairan tenggorokan.

Meningitis yang Bikin Menangis

Untuk mencegah terkena penyakit meningitis, terapkan perilaku hidup bersih. Situs Mayo Clinic mengatakan bahwa ini meliputi kebiasaan mencuci tangan, mengenakan masker, terutama saat bepergian ke wilayah endemik meningitis, mengonsumsi makanan dan minuman dengan asupan nutrisi seimbang.

Vaksinasi juga perlu dilakukan. Beberapa jenis vaksinasi yang disarankan ialah Haemophilus influenzae tipe B (Hib), konjugasi pneumokokus dan vaksin meningokokus. Semuanya dapat diinjeksikan saat bayi alias di usia 12 hingga 16 minggu. Namun, jika orang dewasa belum pernah melakukannya sampai saat ini, alternatif vaksinasi yang bisa didapatkan ialah jenis ACWY.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT