4 Fungsi Pergelangan Tangan yang Anda Terlewat
TEMPO.CO | 12/10/2019 19:00
Ilustrasi telapak tangan. Unsplash.com/Shali
Ilustrasi telapak tangan. Unsplash.com/Shali

TEMPO.CO, Jakarta - Tulang-tulang dalam tubuh Anda menopang dan berperan dalam pergerakan yang dilakukan setiap hari. Tulang pergelangan tangan adalah salah satu tulang yang sering digunakan sehari-harinya. Fungsi tulang pergelangan tangan tidak hanya sekedar membantu pergerakan tangan dalam mengetik, berolahraga, dan sebagainya, tetapi terdapat fungsi pergelangan tangan lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.

Apa saja fungsi tulang pergelangan tangan?
Fungsi tulang pergelangan tangan yang paling utama tentunya adalah untuk membantu pergerakan tangan Anda, tetapi Anda perlu mengetahui fungsi tulang pergelangan tangan lainnya. Berikut 4 fungsi pergelangan tangan seperti dilansir SehatQ

1. Membantu pergerakan pergelangan tangan
Fungsi pergelangan tangan adalah membantu pergerakan pergelangan tangan. Anda dapat menggerakkan pergelangan tangan ke belakang dan ke depan, ke samping kiri dan kanan, ke atas dan ke bawah, serta memutar karena adanya tulang pergelangan tangan.

Fungsi tulang pergelangan tangan dalam membantu pergerakan pergelangan tangan bisa terlihat saat Anda berusaha melempar bola, mengangkat gelas, menuangkan minuman, menutup tutup kaleng, dan sebagainya.

2. Membantu pergerakan jari-jari tangan
Tidak hanya membantu pergerakan pergelangan tangan, fungsi tulang pergelangan tangan juga turut membantu pergerakan jari-jari tangan. Tulang pergelangan tangan membantu pergerakan jempol dan jemari lainnya untuk bisa bergerak ke depan dan belakang, serta ke samping kiri dan kanan.

3. Penghubung tulang lengan bawah dengan tulang-tulang jari
Fungsi tulang pergelangan tangan berikutnya adalah sebagai penghubung antara tulang tangan yang terdiri dari tulang-tulang jemari dengan tulang lengan bawah yang terdiri dari tulang hasta dan tulang pengumpil.

4. Tempat melekatnya jaringan-jaringan tubuh pada tangan
Fungsi tulang pergelangan tangan lainnya adalah sebagai tempat melekatnya otot dan jaringan-jaringan halus, seperti tendon, saraf, pembuluh darah, dan ligamen. Jaringan-jaringan tersebut berperan dalam membantu pergerakan, sensasi, dan penyaluran nutrisi ke tangan.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT