Trik Dapatkan Pengganti Bumbu Masakan Nusantara di Luar Negeri
TEMPO.CO | 23/09/2019 08:42
ilustrasi makanan nusantara (pixabay.com)
ilustrasi makanan nusantara (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Buat Anda yang ingin memasak makanan Nusantara di luar negeri dan sulit mendapatkan bumbu, mungkin bisa mencoba trik berikut. Masakan Indonesia memang khas dan identik dengan banyak bumbu. Satu saja tidak ada, masakan akan terasa berbeda.

Sejumlah bumbu itu, kadang tidak dapat ditemui di luar negeri, khususnya di wilayah beda benua. Lantas. bagaimana jika Anda tinggal di luar negeri dan ingin masak masakan Nusantara?

Aslida Rahardjo, saat peluncuran bukunya, Resep Masakan Indonesia di 5 Benua, di Jakarta, 22 September 2019, membagi beberapa pilihan bahan pengganti untuk memasak hidangan Indonesia ketika berada di perantauan. Berikut ini tiga di antaranya.

#Ganti kunyit dengan shaffron
Kunyit yang umumnya digunakan untuk memberikan warna kuning dan aroma, biasanya dijual dalam bentuk bubuk. Namun, bubuk kunyit tidak cukup familiar di beberapa negara. Saffron bisa menjadi pilihan penggantinya. Saffron apabila direndam dapat menghasilkan air warna kuning. Bahan ini biasa digunakan untuk masakan Timur Tengah sebagai pewarna.

Ilustrasi bawang bombay. shutterstock.com

#Ganti bawang merah dengan bawang bombai
Tak lengkap rasanya bila masakan Indonesia tidak dibarengi dengan bawang merah yang memiliki aroma yang cukup kuat dan khas. Bawang bombai bisa menjadi alternatif pengganti bawang merah ketika sedang berada di luar negeri, dengan jumlah yang diperbanyak.

"Misalnya, dalam resep ada lima siung bawang merah, kita bisa memakai tiga bawang bombai yang besar. Aromanya akan sama," kata Aslida.

#Kelapa kering untuk santan
Bahan lain yang sering digunakan dalam masakan Tanah Air adalah santan. Santan sangat mudah didapatkan di Indonesia dalam berbagai bentuk, mulai dari bubuk hingga kalengan. Sayangnya, santan tidak biasa dijumpai di sejumlah negara. Cara termudah untuk mendapat santan adalah dengan mencari kelapa kering. Kelapa kering tersebut lalu dimasukkan ke dalam blender bersama dengan air panas atau hangat. Setelah diblender beberapa saat, campuran tersebut dapat diperas lalu disaring.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT