Sering Kram Otot dan Kuku Mudah Patah? Awas Kurang Kalsium
TEMPO.CO | 21/09/2019 13:30
Ilustrasi kram kaki (Pixabay.com)
Ilustrasi kram kaki (Pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Hipokalsemia atau kekurangan kalsium terjadi ketika asupan nutrisi itu kurang dari yang seharusnya. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Ketika Anda mengalami hipokalsemia, tubuh akan memberi tahu dengan caranya sendiri. Anda dapat segera mengambil tindakan agar tidak terjadi situasi yang fatal. 

Berikut tanda-tanda saat tubuh membutuhkan lebih banyak asupan kalsium, seperti dilansir Indian Express. 

1. Kram otot

Anda tertidur lelap lalu tiba-tiba kram menyerang otot betis kaki dan mengirim rasa sakit yang luar biasa ke seluruh tubuh, sehingga cukup membangunkan Anda. Butuh beberapa menit untuk melakukan peregangan dan pemijatan.

Ini cara klasik tubuh Anda memberi tahu Anda kekurangan kalsium. Coba konsumsi segelas susu Anda dan makanan lain yang mengandung kalsium tinggi.

2. Tulang rapuh

Jika sedikit benturan membuat Anda patah tulang, pasti kalsium Anda sangat rendah. Tubuh berhenti membangun tulang baru pada saat Anda mencapai usia 20-tahunan.

Di usia 30-tahunan, Anda sangat bergantung pada kalsium dalam makanan untuk menjaga tulang tetap ternutrisi.

3. Gigi tak sehat

Gigi yang buruk berarti kalsium rendah. Sederhana saja. Kalsium dan fosfor menjaga gigi tetap kuat, dan kerusakan gigi contoh jelas asupan kalsium yang rendah. Ketika tubuh tidak memiliki kalsium yang cukup, maka akan diambil dari gigi dan tulang.

4. Kulit gatal, kuku buruk

Kulit dan kuku adalah indikator kesehatan. Kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim terkait dengan kekurangan kalsium. Periksakan diri ke dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen kalsium.

Sementara itu, kuku kering dan rapuh indikator kadar kalsium rendah dalam darah.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT