5 Risiko Jika Anda Mengonsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari
TEMPO.CO | 21/09/2019 12:20
Ilustrasi perempuan sedang pilah pilih makanan. shutterstock.com
Ilustrasi perempuan sedang pilah pilih makanan. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Telur rebus termasuk makanan sehat untuk sarapan. Menyajikannya juga mudah. Tidak heran jika makanan satu ini menjadi favorit banyak orang untuk sarapan. Bahkan ada yang menu sarapannya selalu telur setiap hari.

Itu bukan hal yang salah karena Anda baik-baik saja. Tapi tahukah Anda bahwa mengonsumsi makanan sama setiap hari tidak dianjurkan untuk kesehatan Anda? Simak alasannya, seperti dilansir dari Times of India

1. Membuat usus bermasalah

Mengonsumsi beragam makanan akan menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri sehat di usus Anda. Bakteri sehat akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bagus untuk pencernaan Anda secara keseluruhan. Masukkan jumlah yang tepat dari makanan fermentasi, buah-buahan, dan sayuran dalam diet Anda untuk usus Anda.

2. Kekurangan nutrisi

Tubuh membutuhkan nutrisi makro yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak; juga nutrisi mirko seperti vitamin dan mineral. Beragam nutrisi yang dibutuhkan itu bisa dipenuhi dengan beragam makanan dan sayuran. Jika Anda hanya makan satu jenis buah atau sayuran bisa menyebabkan kekurangan nutrisi. Jadi, isi piring makan Anda dengan berbagai jenis sayuran berwarna warni dan berganti-ganti setiap hari. 

3. Memperlambat penurunan berat badan

Bagi yang diet untuk menurunkan berat badan, makan satu jenis makanan saja akan menyulitkan mencapai berat ideal. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PLOS One, orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran mampu menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan yang sama.

4. Mengurangi nutrisi tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah berlebihan bisa membahayakan kesehatan Anda. Misalnya, terlalu banyak kunyit dapat mengganggu fungsi hati Anda.

5. Gangguan makan

Mengonsumsi makanan yang sama bisa menyebabkan kelainan makan selektif atau kelainan makan menghindar. Artinya, Anda secara konstan menolak untuk mengonsumsi makanan karena warna, tekstur, atau bau makanan tertentu. Ini dapat menyebabkan kekurangan gizi dan penurunan berat badan yang tidak sehat.

Jadi, sebelum memilih menu makan siang hari ini, pilih makanan yang berbeda dari kebiasaan Anda.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT