Tips Mencuci Knit Sneakers, Cari Deterjen yang Lembut
TEMPO.CO | 18/09/2019 08:22
Ilustrasi sneakers (pixabay.com)
Ilustrasi sneakers (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Kit sneakers alias sepatu berbahan rajut sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Sepatu jenis ini bisa dipadupadankan dengan pakaian apapun dan terlihat sangat keren. Namun, bukan hal yang mudah bagi Anda untuk merawat, khususnya mencuci sepatu dengan bahan ini.

“Kalau dicuci dengan cara yang salah bisa membuat sepatu brodol (rusak atau rontok),” kata retail trainer Adidas Indonesia Avicenna Jatikusumo dalam konferensi pers Pulseboost HD di Jakarta pada 17 September 2019.

Bagaimana cara benar mencuci knit sneakers? Pertama, Avicenna menyarankan untuk menggunakan detergen berbahan lembut dan dingin. Sebaliknya, menghindari bahan yang panas wajib dilakukan. Karena ini bisa merusak sepatu. “Bahan kimianya bisa merusak rajutan dan lem perekat sepatu. Jadi pilih yang lembut dan dingin saja,” katanya.

Tidak menggunakan mesin cuci, namun dilakukan secara manual juga lebih dihimbau oleh Avicenna. Anda bisa menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai dan menyikatnya dengan satu arah. “Kalau pakai mesin cuci, takutnya terendam oleh air. Padahal sepatu bahan knit tidak boleh basah kuyup. Jadi cuman diberi air sedikit, lalu sikat dengan bahan lembut ke satu arah. Supaya tidak rontok bulu-bulunya,” katanya.

Saat akan mengeringkan sepatu, Avicenna juga meminta agar tidak langsung terpapar sinar matahari. Sebaliknya, meletakkannya di depan rumah yang tertutup atap lebih baik. “Di dalam rumah, di depan kipas angin juga tidak masalah. Yang penting kalau mau dikeringkan, kuncinya di angin-anginkan bukan langsung terkena panas karena merusak sepatu,” katanya.

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT