Istri Hamil, Suami Bisa Dukung dengan Gaya Hamil Berdua
TEMPO.CO | 18/09/2019 05:30
Ilustrasi pasangan suami dan istri yang sedang hamil. TEMPO/Gunawan Wicaksono
Ilustrasi pasangan suami dan istri yang sedang hamil. TEMPO/Gunawan Wicaksono

TEMPO.CO, JakartaSuami punya peran penting dalam mendukung istri agar bahagia dan jauh dari stres selama masa kehamilan, termasuk menjaga agar sang ibu tidak merasa sendirian dalam menjalani proses tersebut. "Ubah pola pikir, suami harus merasa ini juga kehamilan bapaknya, jadi hamil berdua," kata psikolog keluarga Putu Andani di Jakarta, Selasa 18 September 2019.

Dengan mengganti pola pikir seakan sang suami juga sedang hamil, secara otomatis para kaum Adam bukan cuma sekadar jadi asisten, tapi lebih aktif dalam membantu istri tanpa diminta. "Suami ada kesadaran untuk menemani, jadi partner untuk menjalani kehamilan."

Dia menegaskan, suami harus terlibat dalam setiap hal yang berkaitan dengan kehamilan di mana perempuan mengalami perubahan fisik dan psikis yang kerap menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal-hal kecil seperti bicara dengan janin dan mengusap-usap ibu saat sulit tidur akibat perut yang sudah membesar bisa dipraktikkan.

Komunikasi penting untuk digarisbawahi. Para suami yang tidak bisa merasakan kelelahan fisik selama mengandung sebaiknya bertanya apa yang istri inginkan agar ia lebih nyaman. Di sisi lain, istri juga harus menyampaikan keinginannya secara jelas pada suami. "Komunikasi harus diperjelas," kata Putu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT