Bersantai dengan Buku ala Gran Melia Xian
TEMPO.CO | 15/09/2019 19:29
Gran Melia Xian menawarkan bersantai dengan membaca buku. Foto: Gran Melia Xian
Gran Melia Xian menawarkan bersantai dengan membaca buku. Foto: Gran Melia Xian

TEMPO.CO, Jakarta - Hotel kini kian memanjakan tamunya -- terutama hotel berbintang. Dengan begitu segala kebutuhan bersantai yang diinginkan wisatawan, bisa didapatkan tanpa meninggalkan hotel.  

 

Kegiatan yang tidak kalah penting sewaktu bersantai adalah me time atau waktu pribadi tenang untuk bersantai. Tidak hanya melalui kegiatan olahraga atau perawatan seperti spa, salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah membaca buku.

Menurut Journal of Consulting and Clinical Psychology, kegiatan membaca terbukti dapat menjadi terapi untuk menurunkan tingkat stress dan membantu mengatasi gangguan kecemasan, yang dikenal dengan istilah biblioterapi.

Biblioterapi dimanfaatkan Gran Melia Xian, untuk membuat para tamunya bersantai. Hotel bergaya Spanish luxury hotel yang ada di Cina, menawarkan sensasi bermalam sekaligus menikmati wisata dengan membaca buku di sela-sela waktu bersantai.

Untuk membaca koleksi buku tersebut pengunjung tidak perlu merogoh kantung untuk meminjamnya. Waktu yang diberikan oleh hotel ini adalah tiga hari. Syaratnya, tamu hotel harus memberikan uang deposit sebesar harga buku yang ingin dipinjamnya. Uang tersebut dikembalikan apabila buku telah selesai dibaca dan dikembalikan.

Adrian Prado, General Manager Gran Meliá Xian mengatakan bahwa membaca buku mempunyai peran yang tidak kalah penting seperti melatih fisik untuk tubuh. "Buku-buku itu untuk pikiran kita sama seperti latihan untuk tubuh kita, dengan membaca kita memperoleh pengetahuan, kita meningkatkan fokus dan konsentrasi, memori dan imajinasi kita," ujar Prado.

Dengan membaca, manusia dapat merasakan emosi dan pengalaman yang berbeda, bahkan dapat melakukan perjalanan tanpa beranjak dari kursi. Ia mengutip seorang penulis, bahwa seorang pembaca menjalani seribu kehidupan sebelum dia meninggal, sedangkan orang yang tidak pernah membaca hanya menjalani satu hidup.

Ketenangan membaca itu juga didukung lokasi Gran Melia, yang berada di Distrik Baru Qujiang, di sebelah Tang Paradise dan menghadap Danau Nanhu. Berjarak 10 menit berjalan kaki dari Big Goose Pagoda, yang diakui sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Untuk memanja para pembaca buku, Gran Melia menyediakan Book Bar dengan koleksi buku-buku tradisional dari negeri panda tersebut. Book Bar yang terletak di lobi hotel berkesan sederhana, namun tidak meninggalkan kesan mewah pada interiornya menjadikan suasana membaca lebih nyaman dan mempunyai sensasi berbeda.

Koleksi buku berbahasa manadarin di Gran Melia Xian. Foto: Gran Melia Xian

Selain Book Bar, Gran Meliá Xian juga menawarkan program Execeptional Experience, di mana tamu dapat merasakan pengalaman budaya khas Tiongkok yang dipersonalisasi seperti kelas membuat Xun atau instrumen musik kuno khas Tiongkok, tur privat ke Qin Terracotta Warriors Museum, juga perjalanan alam ke Qujiangchi Ruin Park, Big Wild Goose Pagoda, dan Gunung Qin.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT