Datang ke Fashion Week Tak Perlu Tampil Modis, Simak Tipsnya
TEMPO.CO | 15/09/2019 14:30
Lenny Tedja Direktur Jakarta Fashion Week saat ditemui di Fashionlink, Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu 11 September 2019. Tempo/Silvy Riana Putri
Lenny Tedja Direktur Jakarta Fashion Week saat ditemui di Fashionlink, Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu 11 September 2019. Tempo/Silvy Riana Putri

TEMPO.CO, Jakarta - Buat pecinta fashion, ajang pekan mode atau fashion week selalu dinantikan. Mereka dapat bertukar informasi fashion, tampil berani menunjukkan gaya khasnya, atau menjadi fashion police bagi outfit sesama tamu undangan yang hadir di sana.

Kadang saat menemukan tempat duduk yang sudah diatur sesuai undangan fashion week, ada tantangan tersendiri. Beberapa mungkin tentu pernah menemui orang yang cuek atau pura-pura tidak sadar saat menempati tempat duduk Anda. Di acara fashion week internasional sedang berlangsung London Fashion Week, dan di tanah air akan berlangsung Jakarta Fashion Week 2020 pada 19-25 Oktober 2020.

Luna Maya, Nicola Glass, Tongbingyu, dan Julia Estelle dalam fashion show Kate Spade New York di rangkaian New York Fashion Week 2020. (Instagram@julstelle)

Direktur Jakarta Fashion Week, Lenni Tedja membagikan beberapa tips untuk menghadiri fashion week. "Saat datang ke fashion week, pastikan membawa undangan, e-invitation, kode atau barcode yang telah diberikan oleh penyelenggara show tersebut. Upayakan pula datang sebelum waktu show dimulai untuk antisipasi antrean hingga estimasi waktu pengantaran saat Anda disambut user ke tempat duduk Anda,” ungkap Lenny saat ditemui di konferensi pers Jakarta Fashion Week 2020 di Jakarta Selatan, Rabu 11 September 2019.

Sedangkan soal busana menurut Lenny tidak perlu merasa terbebani dan mengekspresikan gaya yang sesuai jati diri. “Ada beberapa orang saat akan datang ke fashion week, keder duluan. Bajunya apa ya, ininya apa ya. Be yourself. Kalau orang datang ke fashion show, berarti suka fashion, ya. Dari common sense itu bisa tercipta gaya personal yang oke dan keren,” tuturnya.

Debut koleksi musim semi 2020 Kate Spade New York di New York Fashion Week. dok. Kate Spade New York

Namun, jika ingin terlihat modis, dia mengingatkan untuk menyesuaikan dengan tema dan waktu fashion show. “If you want to be look fashionable, enggak usah lebay juga. Contoh lebay itu memakai gaun malam panjang dengan mute-mute saat menghadri fashion week bertema ready to wear di siang hari. Sesuaikan saja dengan tema dan waktu acara.”

Jika ada peraturan atau dress code memakai tampilan head to toe yang sesuai dengan label fashion yang didatangi, Lenny mengatakan itu hanya bentuk apresiasi bukan suatu kewajiban. “Kebetulan saya pernah meng-handle label pakaian internasional. Bila kita datang ke fashion show label tertentu, Anda punya koleksinya silahkan dipakai sebagai bentuk menghormati yang punya acara. Kalau enggak punya, jangan pula terbebani. Be yourself tadi yang penting,” ujarnya.

Selain fashion, Lenny Tedja juga mengingatkan soal makeup. Dia menyarankan agar menyesuaikan dengan tema dan waktu acara fashion show yang akan Anda hadiri. “Kalau siang, ya enggak usah pakai heavy makeup sampai tebalnya lima centi meter. Cukup disesuaikan dengan acara saja. Boleh juga diaplikasikan salah satu dari tren makeup di tahun tersebut,” tandasnya.  

 

 

SILVY RIANA PUTRI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT