Eksfoliasi Bikin Kulit Cerah, Ada Tips saat Pakai Eksfoliator
TEMPO.CO | 15/09/2019 13:20
Ilustrasi membersihkan wajah dengan toner. Shutterstock.com
Ilustrasi membersihkan wajah dengan toner. Shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Rutinitas perawatan kulit sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Banyak yang melakukan beragam cara untuk mendapatkan hasil maksimal. Bahkan ada yang berimprovisasi dengan mencampur dua produk perawatan sekaligus dengan harapan langsung wajah lebih cerah. Misalnya penggunaan eksfoliator, antioksidan, dan serum dalam waktu berbarengan. 

Hal ini bukan tanpa alasan. Salah satunya karena secara normal regenerasi kulit membutuhkan waktu 28 hari untuk usia di bawah usia 40 tahun. Sementara bagi yang sudah di atas 40 tahun bisa mencapai 60 hari lamanya. Jenis dan kondisi kulit setiap orang pun berbeda-beda reaksinya terhadap satu produk. Jadi, tidak ada sesuatu yang instan dalam hasil perawatan kulit. Sama halnya dalam dunia fashion, less is more juga berlaku untuk pemakaian produk perawatan kulit.

Sementara itu, kembali ke soal penggabungan dua produk perawatan kulit, ada sejumlah produk yang tidak bisa digabung pemakaiannya meskipun memiliki tujuan yang sama, misalnya mencerahkan kulit. "Tidak ada batasan jumlah, tetapi saya pikir sebagian besar dokter kulit akan setuju bahwa lebih sedikit lebih baik," kata dokter kulit yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Dhaval Bhanusali, MD, FAAD di dalam laman Well and Good. "Terutama jika jenis bahan-bahan yang kering, seperti eksfoliator dipakai berulang kali dalam sehari, Anda bisa menghilangkan kandungan minyak baik sehingga menyebabkan kompensasi sekresi minyak ke dalam pori-pori dan timbul lebih banyak jerawat."

Sedangkan ahli dermatologi Gretchen Frieling mengatakan tidak ada ukuran yang sesuai untuk semua produk aktif seperti eksfoliator yang dapat digunakan seseorang. Menurut dia, setiap orang memiliki jenis perawatan kulit yang berbeda, kondisi kulit hingga tingkat toleransi untuk produk, yang semuanya bisa mempengaruhi bagaimana kulit Anda merespons berbagai produk.

Contohnya saat Anda ingin menggabungkan produk eksfoliasi dengan kandungan kimia yang kuat (seperti AHA dan BHA) dan retinoid, itu adalah cerita lain. “Cara ini dapat berpotensi menimbulkan efek iritasi dan menyebabkan kekeringan yang berlebihan atau eritema atau kemerahan," kata Dr. Bhanusali yang suka menggunakan antioksidan di pagi hari dan retinol pada malam hari agar tidak terlalu berlebihan pada kulit.

Sedangkan untuk vitamin C, ia mengatakan pencampuran kedua bahan baik-baik saja secara teknis, tetapi beberapa asam bisa mempengaruhi stabilitas serum vitamin C Anda. Jika Anda akan mencampurkannya sebagai bagian dari rutinitas yang sama, tunggu 30 menit antara setiap lapisan atau gunakan satu di pagi hari dan satu di malam hari. Namun, Dr. Frieling mengatakan bahwa jika Anda menginginkan "dampak penuh dan hasil cepat" dari serum vitamin C yang cerah, Anda sebaiknya memakai secara terpisah.

Beberapa aturan praktis yang patut diikuti saat Anda menyusun rutinitas perawatan kulit. Gunakan pembersih dan antioksidan, seperti vitamin C, atau exfoliant, seperti asam glikolat, di pagi hari, bergantian di antara keduanya. Di malam hari, pakai pembersih, retinol, dan masker pelembap.

 

SILVY RIANA PUTRI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT