7 Kombinasi Masker Rambut Berbahan Dasar Minyak Zaitun
TEMPO.CO | 15/09/2019 07:00
Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com
Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Minyak telah menjadi bahan pokok perawatan rambut selama berabad-abad. Mulai dari minyak kelapa, minyak argan, jojoba sampai minyak zaitun. Misalnya minyak zaitun dipercaya dapat membuat rambut sehat dan berkilau.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa minyak zaitun dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa minyak seperti zaitun, kelapa atau jojoba dapat memainkan peran penting dalam melindungi rambut dari kerusakan dan mengurangi penumpukan kulit kepala.  Asam lemak omega-3 dan antioksidan yang ditemukan dalam minyak zaitun khususnya telah terbukti dapat membantu mengatasi rambut pecah-pecah, melembutkan dan memperkuat rambut, mecerahkan rambut  kusam dan mencegah kerusakan.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun dan campuran bahan alami lainnya untuk  masker rambut. Melansir laman Purewow, ada tujuh kombinasi minyak zaitun dan bahan alami lainnya untuk masker rambut.

Ragam campuran minyak zaitun dan bahan alami untuk masker rambut

1. Minyak zaitun dan madu
Madu yang lengket dan manis dikombinasikan dengan minyak zaitun cocok untuk membantu menjsgs kelembaban. Madu yang anti-inflamasi dan antioksidan, dapat mengembalikan kelembaban ke rambut kering dan mengurangi ujung bercabang. Gunakan tiga sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu dan kocok sampai halus. Jika masih lengket, jangan takut untuk menambahkan lebih banyak minyak zaitun ke dalam campuran masker.

Cuci rambut Anda dengan sampo dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum membaginya menjadi beberapa bagian dan oleskan campuran tersebut. Tutup dengan topi mandi, dan biarkan selama sekitar 30 hingga 90 menit. Setelah waktunya habis, bilas dengan air hangat dan ikuti rutinitas mencuci rambut normal Anda. Catatan: Gunakan masker ini dua kali seminggu jika Anda memiliki rambut kering, tetapi hanya seminggu sekali jika rambut Anda berminyak.

2. Minyak zaitun dan pisang
Pisang mungkin merupakan camilan pagi hari Anda, tetapi antioksidan dan potasiumnya yang kaya juga dapat mencegah rambut rontok, sementara minyak lemak meminimalkan hilangnya kelembaban.

Ambil pisang matang, kupas dan potong, lalu haluskan dalam blender. Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun dan haluskan lagi untuk mendapatkan konsistensi yang halus. Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan madu untuk kelembaban lebih banyak. Cuci rambut Anda dan oleskan campuran tersebut pada helai basah dengan penekanan berat pada ujungnya. Tutup dengan shower cap, biarkan selama 30 menit, bilas dan kondisikan rambut Anda. Gunakan seminggu sekali pada rambut kering dan rusak.

3. Minyak zaitun dan alpukat
Meskipun tergoda untuk makan campuran ini daripada membuat masker, alpukat kaya akan asam lemak, antioksidan dan vitamin A, B dan E, yang bermanfaat untuk rambut, seperti mengembalikan kilauan rambut dan melembutkan rambut. Bahan ini sangat baik untuk pemilik rambut alami  yang teball, kasar, keriting, dan yang membutuhkan bantuan mengunci kelembaban dan menjaga pola keriting tetap jelas.

Ambil alpukat matang dan tumbuk sampai tidak ada gumpalan. Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun, tambahkan madu juga di sin) dan aduk hingga rata. Cuci rambut Anda dengan sampo sebelum menempatkan perawatan pada helai basah.

Tutup dan biarkan selama 45 menit (Anda dapat menerapkan panas pada pengaturan rendah selama 15 hingga 20 menit sambil mengenakan masker untuk penetrasi maksimum) sebelum membilas dan mengondisikan rambut Anda seperti biasa. Yang terbaik untuk rambut kering dan rusak lakukan ini seminggu sekali hingga sebulan sekali, tergantung pada tingkat kekeringan.

4. Minyak zaitun dan telur
Protein dan nutrisi yang ditemukan dalam telur baik untuk rambut, dan menambah kilau instan pada rambut kusam dan rapuh. Minyak lemak kuning telur membantu memperbaiki dan menutrisi helai rambut yang kering dan rusak sementara enzim putih telur menghilangkan semua minyak berlebih. Tidak seperti kombo lainnya, telur bekerja dengan baik untuk setiap jenis rambut.

Rambut kering harus menggunakan dua kuning telur, rambut berminyak harus menggunakan dua putih telur dan jenis rambut normal harus menggunakan satu telur utuh. Semua jenis rambut harus mencampurkan telur yang ditunjuk dengan dua sendok makan minyak zaitun. Anda juga bisa menambahkan Greek yogurt atau jus lemon untuk menguatkan rambut, menambah lebih banyak kelembapan dan mengurangi rambut kusut.

Setelah Anda mencuci dengan sampo, mulailah membelah rambut yang basah dan menambahkan seluruh perawatan dengan fokus pada ujung rambut Anda. Sisir gigi lebar dapat membantu mendistribusikan produk melalui bagian Anda. Biarkan selama 20 menit. Bilas perawatan dan biarkan rambut Anda mengering. Gunakan seminggu sekali.

5. Minyak zaitun dan mayones
Mayones tidak selalu menjadi favorit penggemar di sandwich. Namun bermanfaat untuk kecantikan. Campuran telur, minyak lemak, dan vitamin membantu menyuburkan rambut kering. Ini akan membuat rambut Anda terasa lebih bersinar, lebih lembut dan lebih halus.

Campurkan dua sendok makan mayones dengan beberapa tetes minyak zaitun. (Pilihan untuk menambahkan cuka untuk membantu menghilangkan ketombe, kotoran, atau kotoran). Cuci rambut Anda dan biarkan mengering sebelum mengoleskan campuran, dengan fokus pada akar. Biarkan selama 30 menit lalu bilas. Masker rambut ini bisa dilakukan satu hingga dua kali seminggu, dan sebaiknya tidak digunakan pada rambut berminyak.

6. Minyak zaitun dan minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki manfaat untuk kesehatan rambut, melembabkan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kombinasi minyak kelapa dan zaitun akan membantu menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal dan merupakan agen anti-jamur alami yang bagus untuk rambut tipis yang rusak dan halus. Cukup kocok bersama minyak zaitun dan minyak kelapa dalam mangkuk (1/2 cangkir minyak zaitun dan 1 cangkir minyak kelapa murni) sebelum memijatnya melalui rambut dan kulit kepala Anda.

Sisir untuk mendistribusikan masker itu, lalu bungkus rambut Anda dan biarkan selama 30 hingga 45 menit (atau bahkan semalaman). Terakhir, bilas rambut Anda dengan sampo dan kondisioner. Masker rambut ini harus digunakan setidaknya seminggu sekali.

7. Minyak zaitun dan soda kue
Baking soda adalah bahan pokok pengganti sampo bagi banyak orang, dan alat pembersih DIY, jadi kombo ini adalah pemenang. Sifatnya anti-jamur dan antibakteri membuatnya mudah untuk mengelupas kulit kepala Anda dan mengobati serpihan.

Cukup tambahkan minyak zaitun dan soda kue yang sama untuk membentuk pasta. Pijatkan ke kulit kepala Anda selama sekitar lima menit. Lalu nilas dengan n sampo dan kondisioner. Masker rambut ini harus digunakan dua mingguan atau sebulan sekali.

Meskipun minyak zaitun dapat bekerja pada semua jenis rambut, jumlah yang digunakan dapat membuat perbedaan besar. Rambut halus sebaiknya hanya menggunakan beberapa tetes untuk menghindari penimbangan rambut, dan tetap menggunakan masker sekali seminggu. Orang dengan rambut lebih tebal harus mempertimbangkan untuk menerapkan lebih banyak untuk memastikan kelembaban cukup diserap, dan mencoba perawatan dua kali seminggu.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT