Aktivitas Menarik di Festival Kuliner Internasional APJI di Bali
TEMPO.CO | 14/09/2019 12:16
Festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan untuk mempromosikan wisata Surabaya termasuk kuliner dan berbagai produk UMKM. Foto: @surabayasparkling
Festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan untuk mempromosikan wisata Surabaya termasuk kuliner dan berbagai produk UMKM. Foto: @surabayasparkling

TEMPO.CO, Denpasar, Bali - Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia atau APJI menggelar Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasa Boga internasional di Bali pada Jumat sampai Minggu, 13 - 15 September 2019. Festival kuliner tersebut berlangsung di objek wisata Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Bali.

Ketua Panitia Rakernas APJI V/2019 dan Artfoodfestapji, Siti Radarwati mengatakan festival kuliner ini sengaja diadakan di Bali karena tempat ini menjadi destinasi wisata populer bagi wisatawan mancanegara. "Kami berharap festival ini mampu mempercepat pengenalan kuliner dan produk jasa boga Indonesia di mata masyarakat dunia," kata dia.

Siti Radarwati mengatakan antusiasme peserta maupun pengunjung begitu tinggi. Buktinya, kata dia, semua gerai dalam area #artfoodfestapji sudah penuh dan pengunjung pun terus berdatangan. Artfoodfestapji digelar di atas lahan seluas 8.700 meter persegi dan diisi 130 booth.

Artfoodfestapji dibagi menjadi beberapa zona, yakni Zona Industri, Zona Fashion, Art and Beauty, Zona Food and Beverage yang di dalamnya terdapat area khusus untuk Vegetarian, Organic, dan Healthy Food. Pengunjung juga bisa menikmati beragam karya industri kreatif di zona milenial, seperti body and face painting, hiburan kesenian, dan lainnya.

Untuk menambah pengetahuan tentang kuliner, pengunjung bisa mengikuti beberapa pelatihan. Di antaranya pelatihan keamanan pangan yang diberikan oleh Aerofood atau ACS, pengembangan bisnis start up kuliner oleh Fatma Bahalwan dan Gapura Digital Google, Training Fruit and Vegetable Carving oleh Kitchen Artist I Ketut Suaryana, Training Chocolate Pralin oleh Ketua Indonesia Pastry Alliance (IPA) Bali Chef Agus Suama, Master Class Barista oleh Indolakto, dan Master Class Cooking oleh Chef Vindex Tengker.

Artfoodfestapji juga mengadakan beberapa lomba, seperti Lomba Jajan Pasar, Kompetisi Barista: Latte Art, Flaire Competition. Ada juga Lomba Masak dalam Bambu, kompetisi Membuat Masakan Nusantara, dan lainnya. Selain peserta dari dalam negeri, ada perwakilan dari Thailand yang memamerkan kuliner khas mereka.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT