Kecanduan Memandang Ainun, BJ Habibie Anggap Ini True Love
TEMPO.CO | 12/09/2019 08:30
Presiden ketiga BJ Habibie menggandeng tangan istrinya, Asri Ainun Habibie pada acara peresmian The Habibie Center di ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 22 Mei 2000. Habibie yang tutup usia pada 11 September 2019 kini kembali ber
Presiden ketiga BJ Habibie menggandeng tangan istrinya, Asri Ainun Habibie pada acara peresmian The Habibie Center di ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 22 Mei 2000. Habibie yang tutup usia pada 11 September 2019 kini kembali bersatu dengan istri tercintanya yang lebih dulu wafat pada 22 Mei 2010 lalu. dok.TEMPO/Bernard Chaniago

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB. BJ Habibie meninggal dalam usia 83 tahun. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936, ini meninggalkan dua anak, yakni Ilham Akbar Habibie, Thareq Kemal Habibie.

Ada banyak sekali cerita tentang kehidupan BJ Habibie. Salah satu yang sering diberitakan media adalah tentang cintanya kepada sang istri, Hasri Ainun Habibie atau Ainun. Berbagai foto mesra BJ Habibie dan Ainun sering sekali terpampang di media sosial. Kisah cinta keduanya bahkan difilmkan oleh sutradara Faozan Rizal dengan judul Habibie & Ainun. Dalam wawancara BJ Habibie dengan Tempo pada pada 12 Desember 2010, ilmuwan ini mengatakan bagaimana Ainun ia anggap sebagai cinta satu-satunya. "Cinta sejati," kata BJ Habibie saat itu.

BJ Habibie dan istri Asri Ainun Habibie di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, 1982. Habibie yang semula tidak tertarik dengan Ainun, akhirnya mulai menyukai wanita yang sering ia juluki "Gula Jawa" itu setelah keduanya bertahun-tahun tidak saling bertemu lantaran Habibie melanjutkan studi di Jerman, sedangkan Ainun kuliah di Universitas Indonesia. dok.TEMPO/Ali Said

Habibie mengatakan dulu ia tidak pernah merasakan apa yang dirasakannya pada Ainun. "Konyolnya lagi, ketika berpaling, selalu ingin melihat lagi. Ini yang namanya merindukan," katanya.

BJ Habibie mengingat secara rinci bagaimana ia bertemu kembali dengan Ainun setelah 7 tahun tidak berjumpa. Kejadian ini pun ada dalam film yang dibintangi Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari. "Saya katakan 'Kok cantik kamu, ya, (dari) gula jawa menjadi gula pasir.'," katanya.

Ainun saat itu hanya melihat BJ Habibie dan menanyakan kapan BJ Habibie kembali dari Jerman. "Ngomongnya tenang dan orangnya memang tenang. Saya merasa aneh, tapi yang benar-benar aneh ketika saya bertemu," kata BJ Habibie.

BJ Habibie pun diajak berdiskusi oleh ayah Ainun di rumah Ainun. Ayah Ainun bertanya tentang pekerjaan BJ Habibie di Jerman. "Kami duduk di meja makan yang bundar. Ketika ditanya Bapak, saya melihat mata bapaknya. Tiba-tiba ada pertanyaan dari ibunya, pandangan saya beralih dan setiap beralih pasti pandangan melewati mata Ainun, kaget saya," kata BJ Habibie."

Ia ingat kejadian itu terjadi malam takbiran setelah magrib sampai jam 11 malam. "Saat (beradu pandangan), saya merasakan getaran yang tak pernah saya rasakan, padahal saya punya cewek banyak juga, tapi tak pernah merasakan ini (tertawa). Dan saya kecanduan (memandang Ainun). Konklusi saya inilah true love," kata BJ Habibie.

Foto BJ Habibie bersama Ainun Habibie yang diunggah Melanie Subono. Instagram

Kecintaan BJ Habibie kepada sang istri memang sangat terlihat. Cucu BJ Habibie, Melanie Subono pun menyampaikan salam perpisahan kepada sang eyang. Melanie mempersilakan BJ Habibie bertemu dengan belahan jiwanya, Ainun. "SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN. Senangnya dah bisa ngelepas kangen sama eyang puteri, bisa berdua dua an lagi... Kita disini ikhlas asal eyang bahagia —- SELAMAT JALAN —- -," kata Melanie.

ISTIQOMATUL HAYATI | AKBAR TRI KURNIAWAN | INSTAGRAM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT