Agar Lebih Nikmat, Padukan Teh Favorit Anda dengan Makanan Ini
TEMPO.CO | 11/09/2019 06:45
ilustrasi teh putih (pixabay.com)
ilustrasi teh putih (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Teh menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Orang sering meminumnya di berbagai suasana, saat bersantai di sore hari atau setelah makan. Hal yang menguntungkan dari minuman ini adalah bisa memperkuat rasa khas makanan jika paduannya tepat.

Masalahnya adalah bagaimana mamadukan minuman ini dengan makanan yang tepat? Apalagi, ada begitu banyak jenis teh yang kita kenal, mulai dari teh putih, hitam, hingga teh hijau. 

Untuk santap yang lebih nikmat, berikut kombinasi lima minuman teh yang paling populer di dunia dengan makanan yang tepat, seperti dilansir Times of India.

1. Teh putih

Di antara berbagai jenis teh, jenis ini memiliki rasa yang paling halus. Jadi, untuk menikmati teh putih sebaiknya dipadukan dengan makanan beraroma ringan seperti salad sayuran atau makanan yang direbus.

Meminum teh putih dengan hidangan manis atau bahkan masakan daging yang sangat beraroma akan menghilangkan rasa alami dan membuat Anda merasa seperti sedang minum air putih. Anda juga dapat menikmati the putih tanpa makanan apa pun. Untuk menonjolkan rasanya, Anda dapat menambahkan madu bunga liar.

2. Teh hitam

Karena rasanya yang kuat, teh hitam paling cocok dipadukan dengan makanan beraroma seperti daging asap dan atau hidangan pedas. Teh ini dapat dipasangkan dengan cokelat untuk menciptakan kombinasi rasa yang kontras, teh hitam dan cokelat. Teh hitam tanah yang diperoleh dari Yunnan di Cina atau Afrika bahkan dapat dipasangkan dengan makanan dengan rasa yang lebih ringan seperti kentang tumbuk atau resep saus sayuran.

3. Teh puerh

Teh Cina ini memiliki rasa yang kuat dan bersahaja. Teh yang paling popyler di dunia ini paling enak diminum dengan resep ayam tumis karena membantu menetralkan rasa lemak dan minyak. Karena teh ini memiliki banyak manfaat pencernaan, banyak yang memilih menikmatinya setelah makan besar.

4. Teh oolong

Teh oolong memiliki aroma yang lebih kuat daripada rasanya. Karena itu harus dikombinasikan dengan makanan yang dapat mengeluarkan aroma bunga dari daun teh. Rasa manis dan asin bekerja dengan baik untuk mengeluarkan aroma.

Teh oolong dibagi menjadi dua, ringan dan gelap. Teh oolong ringan cocok dengan hidangan laut seperti kerang, udang, dan lobster, juga dapat dipasangkan dengan kerupuk dan makanan ringan asin ringan. Sedangkan Oolong memiliki rasa yang lebih menonjol, sehingga lebih enak dipadukan dengan makanan yang sedikit lebih kuat seperti daging bebek, ikan trout, dan ayam panggang dan asap. Oolong gelap rasanya sangat enak jika dipadankan dengan makanan penutup seperti kue kering atau pancake.

5. Teh hijau

Minuman ini paling digemari oleh pencinta kesehatan tubuh. Ada tiga jenis rasa yang ditawarkan teh ini yang akan lebih nikmat jika diminum dengan makanan yang berbeda. Pertama adalah vegetal, yang memiliki rasa berumput dan akan lebih nikmat dengan makanan laut terbaik. Lalu ada teh hijau smokey, yang memiliki rasa lebih kuat dan paling enak dikombinasikan dengan kalkun atau ayam, karena menghilangkan rasa berminyak daging. Teh ini juga membuat makanan yang digoreng lebih nikmat, misalnya kentang atau gorengan. Rasa terakhir adalah fruity, yang rasanya paling enak bila disajikan dengan makanan ringan seperti sandwich, salad, atau kue kering.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT